JawaPos Radar

Pilpres 2019

TGB Dukung Jokowi, Ferdinand: Sebetulnya Partai Sama Sekali Tak Peduli

05/07/2018, 11:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
TGB Dukung Jokowi, Ferdinand: Sebetulnya Partai Sama Sekali Tak Peduli
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) (kanan) saat mengunjungi Ketua MPR Zulkifli Hasan (kiri), beberapa waktu lalu. TGB telah menyatakan dukungan untuk Jokowi di Pilpres 2019. (Hendra Eka/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Keputusan mengejutkan dibuat oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Zainul Majdi. Pria yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) itu mendeklarasikan diri mendukung capres petahana, Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Langkah itu tentu mendahului keputusan Partai Demokrat tempat dia bernaung di kancah politik. Sebab sampai saat ini partai berlambang bintang Mercy itu belum menentukan arahan dukungan untuk 2019.

Menanggapi hal itu Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaen mengaku tidak peduli dengan langkah yang dibuat oleh TGB. Sehingga tak mau mempersoalkan langkah politik koleganya itu.

"Tidak dipedulikan sama sekali oleh Partai Demokrat sebetulnya. TGB itu kan hanya 1 dari jutaan kader Partai Demokrat, jadi tidak masalah," ujar Ferdinand kepada JawaPos.com, Kamis (5/7).

Ferdinand menuturkan Demokrat tidak akan menghalang-halangi manuver TGB itu. Bahkan ia tak sungkan mengucapkam selamat atas keputusan yang telah dibuat oleh alumnus Al Azhar Kairo, Mesir itu.

"Silakan aja, kami mengucapkan selamat kepada TGB sudah menyatakan dukungan kepada Pak Jokowi. Bagi Demokrat itu sama sekali tidak ada masalah," lanjutnya.

Lebih lanjut Ferdinand menganggap, keputusan TGB itu merupakan hak politik pribadi. Oleh karena itu, dia meminta agar langkah TGB tidak dikaitkan dengan keputusan partai.

"Kami anggap itu hak politik pribadi TGB. Kami juga kan nggak boleh melarang beliau untuk menjadi pendukung Pak Jokowi atau melarang beliau melakukan hak politiknya," tegasnya.

Sementara itu Demokrat menjelaskan tak mau ambil pusing terkait keputusan yang dibuat TGB. Langkah TGB dipastikan tak akan berpengaruh terhadap langkah politik partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di peta Pilpres 2019.

"Bagi Demokrat itu hal tidak akan mempengaruhi arah politik, langkah politik Partai Demokrat," pungkas Ferdinand.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up