alexametrics

Jumlah Partispasi Pilgub Jatim di Malang Meningkat Lima Persen

5 Juli 2018, 23:05:48 WIB

JawaPos.com – Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), untuk tingkat Kabupaten Malang, digelar, Kamis (5/7).

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko menjelaskan, sesuai jadwal, hari ini memang tahapan penghitungan pemilihan suara di tingkat Kabupaten Malang. Sebelum dilakukan penghitungan, digelar pleno di tingkat kecamatan terlebih dahulu.

Jumlah total suara yang masuk di KPU Kabupaten Malang, sejumlah Rp 1.223.228. Padahal, lanjut dia, jumlah pemilih di Kabupaten Malang sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) adalah 1.966.373 orang.

“Artinya, dari paparan data tersebut, jumlah partisipasi masyarakat dalam memilih adalah 63,80 persen. Angka ini naik lima persen dibandingkan dengan Pilbup 2015 lalu,” Santoko, ditemui disela rapat pleno, yang digelar di DPRD Kabupaten Malang, Kamis (5/7).

Meskipun angka ini, jauh dari target nasional untuk partispasi masyarakat dalam memilih. KPU pusat menetapkan 77,5 persen partisipasi masyarakat. Namun, Santoko mengaku puas dengan

“Ada peningkatan yang menurut saya signifikan dibandingkan dengan Pilbup 2015 lalu. Menurut kami, ini bagus,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam rekapitulasi yang dilakukan, pihak KPU Malang berupaya menargetkan selesai dalam sehari.”Hari ini, kami targetkan penghitungan dan rapat rekapitulasi suara dari 33 kecamatan selesai,” kata Santoko.

Santoko menjelaskan, rakapitulasi di tingkat Kabupaten Malang, kemudian ditetapkan sebagai hasil resmi penghitungan pemilihan gubernur dan wakil gubernur di tingkat Kabupaten Malang. Selanjutnya, akan dikirimkan ke Surabaya.

Tujuannya, dijadikan sebagai bahan untuk rapat pleno dan rekapitulasi di tingkat KPU Jawa Timur. “Setelah rekapitulasi, semua unsur tanda tangan. Mulai Panwas, KPU dan lainnya tanda tangan. Selanjutnya, dibawa ke Surabaya untuk dirapatkan 7 Juli nanti,” imbuh dia.

Sejauh ini, lanjut Santoko, tidak ada kendala dalam proses rekapitulasi. Tidak ada protes dan berlangsung aman.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Jumlah Partispasi Pilgub Jatim di Malang Meningkat Lima Persen