JawaPos Radar

Andi Usulkan Makam Raja Indragiri di Pematang Reba Masuk WBTB

05/06/2018, 21:11 WIB | Editor: Budi Warsito
Andi Usulkan Makam Raja Indragiri di Pematang Reba Masuk WBTB
Andi Rachman saat kampanye dialogis di hadapan ratusan masyarakat Pematang Reba, Kabupaten Inhu, Riau pada Selasa (5/6). (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Calon Gubernur Riau Arsyadjuliandi 'Andi' Rachman, tampaknya serius menanggapi keinginan masyarakat Desa Danau Baru, Kecamatan Pematang Reba, untuk membangun jalan dan turap yang ada di sepanjang Sungai Indragiri, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. 

Gubernur Riau yang tengah cuti ini melihat, ada salah satu peninggalan sejarah yang harus dipertahankan dan di promosikan sebagai salah satu destinasi wisata Riau. Yaitu, komplek makam Raja Indragiri, yang berada di Pematang Reba.

“Saya tetap berkomitmen memajukan pariwisata yang ada di Riau ini. Apalagi di Indragiri Hulu ini, sudah banyak sejarah yang dijadikan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) Nasional. Termasuk makam Raja yang ada di Desa ini, tentu akan kita jadikan sebagai warisan budaya tak benda,” ujar Andi Rachman, kepada ratusan masyarakat Pematang Reba, saat kampanye dialogis pada Selasa (5/6).

Andi mengaku bahwa, dirinya sudah pernah melewati jalan masuk ke pemakaman yang cukup bersejarah di tanah Melayu. 

“Memang ini bukan jalan provinsi, tapi saya siap bantu nanti melalui bantuan keuangan. Apalagi disini ada destinasi wisata yang harus dikembangkan,” ucap Cagub nomor urut 4. 

Selain adanya makam raja-raja Indragiri lanjut Andi Rachman, olahraga rakyat yang ada di Pematang Reba seperti pacu sampan yang selalu dilangsungkan di Sungai Indragiri juga akan menjadi prioritas pemerintahnnya melalui Dinas Pariwisata. 

“Disini juga ada arena jalur, jalur yang ada ini harus dikembangkan juga. Turap yang ada saat ini sudah hancur dan terbengkalai. Ini akan kita selesaikan, karena jalur itu juga di bangun oleh Provinsi. Segera akan di koordinasikan dengan dinas terkait,” tuturnya yang berpasangan dengan Suyatno.

Sementara itu, tokoh masyarakat Pematang Reba, Abdul Muin berharap, apa yang disampaikan oleh Gubernur Riau, untuk pembangunan jalan dan turap yang ada di daerah bisa terpenuhi. Kepemimpinan Andi Rachman sudah terbukti, untuk itu masyarakat berharap kepemimpinan kedepan bisa memberikan pembangunan di daerah mereka.

“Inilah yang kami harapkan Pak Gubernur, jalan dan turap yang terbengkalai itu bisa terpenuhi. Kalau jalan bagus tentu perekonomian masyarakat meningkat. Bapak sudah lewat di jalan kami yang belum diaspal, kami yakin bapak melanjutkan pembangunan di Riau ini, terutama di daerah kami,” harapnya.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up