alexametrics

Di Ponpes Tremas, Emil Dardak Duduki Kursi Tempat Tiga Presiden

5 Mei 2018, 07:05:37 WIB

JawaPos.com – Disela-sela safari politiknya di Kabupaten Pacitan, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) nomor urut satu Emil Elestianto Dardak menyempatkan diri untuk silaturahmi dengan keluarga besar Pondok Pesantren Tremas, Kabupaten Pacitan, Jumat (4/5).

Kedatangan Emil yang didampingi istrinya Arumi Bachsin ini langsung disambut hangat oleh pengasuh pesantren dan keluarga, diantaranya KH. Fuad Habib Dimyati; Ibu Nyai Inayatus Sholihah; dan KH. Akhid Turmudzi.

Emil dan Arumi lalu disuguhi kopi dan makanan tradisional. Sowan dengan keluarga besar Pondok Termas berlangsung cair dan akrab. Emil dan Arumi disambut bak keluarga dekat.

Di Ponpes Tremas, Emil Dardak Duduki Kursi Tempat Tiga Presiden
Cawagub Jatim nomor urut satu Emil Elestianto Dardak silaturahmi dengan keluarga besar Pondok Pesantren Tremas, Kabupaten Pacitan, Jumat (4/5). (Istimewa)

Dalam obrolan penuh kekeluargaan tersebut, KH. Fuad Habib Dimyati (Gus Fuad) menuturkan kepada Emil bahwa, di kursi yang di dudukinya sudah ada tiga Presiden yang pernapasan duduk di kursi tersebut sebelumnya. Diantaranya, Presiden RI Ke-4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur); Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden saat ini Joko Widodo (Jokowi).

“Yang duduk di kursi ini bersama saya enggak main-main loh Mas Emil. Gusdur, SBY, Jokowi dan sampian Mas Emil,” kata Gus Fuad disambut senyum tawa khas Emil Dardak.

Kunjungan ke Pondok Tremas menurut Bupati Trenggalek non aktif ini bukan dimaknai sebagai kampanye politik. Melainkan lebih sebagai bentuk penghormatan terhadap para ulama yang selama ini menjadi pengayom umat, sekaligus meneladani perjuangan Pondok Pesantren Tremas.

“Ini lebih bermakna sowan seorang santri kepada para sesepuh, bersilaturahmi, mohon doa dan restu. Apalagi Pondok Tremas ini banyak menorehkan sejarah, misalnya perjuangan kemerdekaan,”ujar Emil.

Di pondok pesantren yang dikenal melahirkan banyak ulama-ulama karismatik ini, Emil juga menyempatkan Salat Ashar berjamaah. Bahkan, Gus Fuad langsung mangajak Emil untuk sowan ke Ibu Nyai Sepuh pesantren, Nyai Kiptiyah Habib Dimyati. Gus Fuad langsung mengenalkan sosok Emil Dardak kepada tokoh perempuan kharismatik di pesantren Tremas.

“Niki Emil Dardak, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, nyusun pandungane panjenengan (minta didoakan Ibu Nyai)” kata Gus Fuad.

Dengan suasana khidmat di dalam kamar Ibu Nyai Sepuh, Emil pun mendapatkan doa dari Ibu Nyai Sepuh pesantren; Nyai Kiptiyah Habib Dimyati. Emil didoakan agar diberi kelancaran dan apa yang dicita-citakan dapat tercapai.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Di Ponpes Tremas, Emil Dardak Duduki Kursi Tempat Tiga Presiden