alexametrics

Puti Dengarkan Curhatan Petani Jeruk Magetan

5 April 2018, 23:50:41 WIB

JawaPos.com– Calon wakil gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno terus aktif mengkampanyekan diri ke wilayah Mataraman. Kamis (5/4), Cawagub nomor urut dua itu menyapa warga dan para petani kebun jeruk di Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan.

Pada kunjungannya tersebut, Puti sempat diajak keliling naik kereta kelinci bersama pasangan calon Bupati dan wakil bupati Miratul Mukminin atau Gus Amik-Joko Suyono. Mereka keliling menyapa langsung para petani jeruk di wilayah Kecamatan Bendo.

Puti Dengarkan Curhatan Petani Jeruk Magetan
Puti Guntur Soekarno bersama sejumlah anggota Fatayat Magetan, dan relawan PKS (istimewa)

Puas mengamati area perkebunan, Puti lantas mendengar langsung curhatan kelompok tani. Seperti yang diungkapkan Heru dan Sugianto. Keduanya adalah kelompok tani wilayah Desa Duwet, Kecamatan Bendo.

Mereka banyak mengeluhkan, soal infrastruktur pengembangan jeruk yang ingin lebih maju. “Permasalahan petani ini saat turun hujan. Kalau sudah hujan, jalan jadi becek, petani sulit lakukan panen jeruk. Ini membuat kami rugi,” keluh Heru.

Mendengar semua keluhan para kelompok tani itu, Puti berjanji untuk mengatasi semua itu apabila terpilih. Bersama Gus Ipul dirinya mempunyai komitmen program memberdayakan kelompok tani tiap daerah.

Salah satu programnya adalah desa cemara (Desa Cerdas Maju Sejahtera). Program itu berangkat dari berbagai persoalan pelayanan publik yang berhubungan dengan urusan administrasi. Tujuannya, untuk memastikan permasalahan pelayanan di tingkat desa.

Kemudian ada program Mas Metal, sebagai upaya melahirkan inovasi digital di berbagai bidang. “Melalui program mas metal ini fokus pada masalah pengembangan pertanian, perdagangan, dan industri,” jelas Puti kepada para petani.

Mas Metal juga fokus untuk mengembangkan, memperluas literasi digital di masyarakat, serta jaringan internet di tiap daerah Jawa Timur yang berpotensi menjadi destinasi wisata. “Ada juga program untuk menuntaskan pembangunan jalan lintas pantai selatan plus, untuk pembangunan pusat ekonomi yang difokuskan pada bidang pariwisata dan daerah penyangga ekonomi agro,” tambah perempuan asal Jakarta tersebut.

Puti juga memaparka program seribu dewi atau seribu desa wisata kepada para petani. Program ini diluncurkan untuk memperkuat pariwisata, juga membuka lapangan pekerjaan baru. Dengan menciptakan 1.000 desa wisata baru berbasis budaya, alam, religi, agro, dan maritim. “Seperti kebun jeruk ini bisa dijadikan agro wisata. Tinggal mengemasnya. Ini perlu dilakukan pendampingan, dengan memberikan pelatihan pada masyarakat untuk menciptakan sektor ukm di desa,” ujar Puti.

Selain dialog dengan petani Jeruk di Magetan, Puti juga bersilaturahmi ke Ponpes As Surur, Kamis (5/4). Puti bertemu kalangan Fatayat Nahdlatul Ulama (NU), perempuan PKS, dan relawan wilayah Kabupaten Magetan. Kepada para perempuan itu, Puti memaparkan program ekonomi kreatif.

Salah satunya adalah program Rembulan Bersinar. Program ini akan memberdayakan perempuan sebagai penyangga ekonomi keluarga. “Kaum perempuan bisa membantu suami sebagai kepala rumah tangga,” tutur terang Puti.

Selanjutnya, ada program Super Star untuk memberikan peningkatan pemberdayaan perempuan di sektor UMKM. Mereka akan mendapatkan pelatihan, pendampingan untuk menunjang perekonomian. “Ada juga PKH Super yang artinya Program Keluarga Harapan (PKH). Program ini untuk pemberian modal usaha perempuan miskin,” papar cawagub nomor urut dua tersebut.

Selain itu, dalam PKH Super juga terdapat pemenuhan gizi masyarakat miskin, serta pemberian Kartu Jatim Sehat. “Kartu Jatim ini untuk keluarga yang belum terlindungi jaminan kesehatan nasional,” kata mantan anggota DPR RI Komisi X Dapil Jawa Barat itu.

Alumnus Universitas Indonesia itu berkomitmen untum memperhatikan masyarakat miskin. Terutama yang kekurangan gizi. “Program Gus Ipul dan saya ini akan memberikan paket nutrisi kepada rumah tangga masyarakat miskin. Bentuknya, dengan memberikan bantuan berupa ayam, telur, dan komoditas,” terangnya.

Puti juga menyinggung soal janjinya memberikan pendidikan gratis untuk SMA/ SMK negeri. Misalnya dengan pemberian easiswa untuk warga kurang mampu dan beasiswa bagi penghafal Al Quran.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Puti Dengarkan Curhatan Petani Jeruk Magetan