alexametrics

Puti: Nasionalis Harus Berjalan dengan Kaum Religius

5 Februari 2018, 23:41:39 WIB

JawaPos.com – Bakal calon wakil gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno mengunjungi Pondok Pesantren Subulus Salam, Desa Melis, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Senin (5/2).

Kedatangannya di sana disambut pengasuh ponpes KH Ali Ridho Machali. Pada kesempatan itu, Puti mengajak seluruh kiai dan santri agar sama-sama memanjatkan doa untuk sang nenek, Fatmawati Soekarno Putri.

“Saya berharap para kiai dan alim ulama sudi untuk menghaturkan doa untuk nenek yang telah mengajarkan saya membaca Alquran,” kata Puti di hadapan ribuan santri dan santriwati ponpes Subulus Salam. Doa tersebut dipimpin KH Zainuddin Djazuli dari Ponpes Al Falah, Ploso, Kediri.

Puti Guntur Soekarno
Puti Guntur Soekarno didampingi Wabup Trenggalek Gus Ipin saat berada di Ponpes Sabulus Salam, Senin (5/2) malam (Tim Media Gus Ipul-Puti)

Kehadiran Puti di Ponpes tersebut memang bertepatan dengan Hari Jadi Hj Fatmawati Soekarno ke-95 tahun. Istri Bung Karno itu dikenal sebagai tokoh penting di balik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. 

Berkat Fatmawati, dua kain merah dan putih dijahit dan disatukan menjadi bendera merah putih. Bendera itulah yang dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan. Sampai sekarang, bendera tersebut masih disimpan rapi sebagai Bendera Pusaka.

Usai memanjatkan doa bersama, Puti berpidato di depan ratusan santri. Alumnus Universitas Indonesia (UI) itu memaparkan bagaimana peran kaum nasionalis-religius dalam membangun bangsa Indonesia.

Menurutnya, kedua kelompok tersebut tidak bisa dipisahkan. Keduanya berjalan beriringan. “Sejak dulu, hubungan antara kaum nasionalis dan religius telah terjalin dengan erat dalam pergerakan kemerdekaan. Bung Karno aktif berkorespondensi dengan Hasyim Asyari untuk meminta fatwa kewajiban membela negara,” tutur Puti.

“Dari situ kita bisa lihat benang merah. Bahwa sejak dulu, nasionalis tak bisa berjalan sendirian. Harus bersama kaum religius,” lanjutnya.

Kehadiran Puti di pondok pesantren tersebut menandai rangkaian kunjungannya ke Jatim bagian barat. Dia berangkat dari Surabaya sejak Sabtu lalu (3/2). Sebelum Trenggalek, Puti sudah mendatangi Ngawi, Ponorogo, dan Magetan.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Puti: Nasionalis Harus Berjalan dengan Kaum Religius