alexametrics

Nonton Wayang, Gus Ipul: Inilah Tempat Memupuk Persatuan

5 Februari 2018, 17:17:55 WIB

JawaPos.com – Bakal Calon Gubernur-Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacagub-Bacawagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno mengunjungi Kabupaten Ponorogo. Keduanya menonton pertunjukan wayang kulit yang digelar hingga Senin (5/2) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

Wayang kulit merupakan salah satu kesenian tradisional asal Jatim. Gus Ipul-Puti sama-sama berkomitmen untuk melestarikan kebudayaan.

Menurut Gus Ipul, pertunjukkan wayang kulit adalah forum bersama. Di pentas itu, seluruh kalangan mulai pejabat hingga rakyat bisa duduk bersama. “Inilah tempat memupuk persatuan dan kesatuan. Gotong royong, tanpa sekat. Semuanya berkumpul jadi satu,” ucap pria asal Pasuruan tersebut.

Hal senada disampaikan Puti. Bahkan, ia mengaku senang dapat menonton wayang. “Begitu saya diajak untuk hadir dalam festival wayang kulit di Ponorogo, saya tidak hanya senang. Tapi juga bersyukur. Karena kami ternyata sama-sama suka wayang,” tutur Puti.

Perempuan kelahiran Jakarta itu menjelaskan, kecintaan pada wayang sudah menjadi tradisi dalam keluarga Presiden RI pertama Soekarno. Kegemaran sang proklamator kepada wayang diturunkan kepada anak-anaknya. Seperti Megawati Soekarnoputri dan Guntur Soekarnoputra, ayah Puti.

“Sejak kecil saya sudah familiar dengan Ramayana, Bharatayudha, dan kisah-kisah dalam perwayangan. Mungkin karena sejak kecil terbiasa dengan komik-komik wayang,” tambah Puti.

Ponorogo sendiri merupakan salah satu daerah utama tumbuhnya talenta dalang baru di Jatim. Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan, lebih dari 10 persen dalang di Jatim berada di daerahnya. “Kalau misalnya ada dua ribu dalang, sekitar dua ratus lima puluh di antaranya dari Ponorogo,” jelas Ipong.

Pemkab Ponorogo aktif menggerakkan pembinaan kepada dalang-dalang baru. Hampir di kecamatan selalu ada dalang anyar. Setiap bulan di alun-alun juga selalu digelar wayang kulit. “Ini budaya luhur bangsa. Sejalan dengan apa yang menjadi cita cita pendiri bangsa,” tutur Ipong.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Nonton Wayang, Gus Ipul: Inilah Tempat Memupuk Persatuan