alexametrics

Jelang Pemilu, MK Siap Hadapi Sengketa

5 Januari 2019, 13:04:49 WIB

JawaPos.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang, Mahkamah Konstitusi (MK) mengaku siap menghadapi berapapun jumlah sengketa yang dilaporkan. Bahkan, MK telah membuat lima peraturan yang telah disosialisasikan ke seluruh partai politik (parpol) peserta pemilu.

Ketua MK Anwar Usman mengatakan, MK telah siap dengan beberapa perangkat. Antara lain peraturan MK sudah dibuat sedemikan rupa yang berisi lima peraturan MK. “Dan itu sudah disosialisasikan ke seluruh parpol peserta pemilu termasuk organisasi advokat, organisasi masyarakat, bagaimana cara menghadapi nanti jika ada sengketa termasuk sengketa pilpres,” ujarnya usai mengisi orasi ilmiah dalam Rapat Terbuka Senat Dies Natalis ke-56 Universitas Brawijaya, Sabtu (5/1).

Dia menegaskan, meskipun Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) dilakukan secara bersamaan pada 17 April mendatang, MK sudah siap berapapun jumlah perkara sengketa pemilu yang masuk.

“Sekali lagi MK sudah siap berapapun jumlah perkara yang masuk untuk pileg, MK telah siap,” tegasnya. Tidak hanya sarana, sumber daya manusia (SDM) nya pun juga telah disiapkan, termasuk panitera hukum dan seluruh aparat yang ada di MK.

Dia mengungkapkan, kemungkinan sengketa tidak hanya terjadi di Pileg saja, tetapi Pilpres pun tidak menutup kemungkinan akan berakhir di MK seperti yang terjadi pada tahun 2014 lalu. 

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Fiska Tanjung

Jelang Pemilu, MK Siap Hadapi Sengketa