JawaPos Radar

Pileg 2019

Wiranto Gelar Rakorsus Bahas Eks Koruptor Nyaleg, Begini Hasilnya

04/09/2018, 17:00 WIB | Editor: Estu Suryowati
Wiranto Gelar Rakorsus Bahas Eks Koruptor Nyaleg, Begini Hasilnya
Menkopolhukam Wiranto menggelar rapat koordinasi khusus terkait pencalonan mantan narapidana kasus korupsi di Pileg 2019. Hasilnya, semua sepakat mengunggu uji materi PKPU 20/2018 selesai di MA. (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menggelar Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) tingkat menteri. Agenda yang dibahas yaitu mantan narapidana kasus korupsi yang kembali maju sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg).

Ditemui usai memimpin rapat, Wiranto mengatakan, rapat telah menghasilkan kesepakatan. Seluruh pihak sepakat menunggu uji materi Peraturan Komisi Pemilihan Umun (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

"Sudah ada kesepakatan dari perbincangan tadi. Semua pihak akan meminta ke Mahkamah Agung untuk melakukan percepatan putusan terhadap permintaan untuk dapat memutuskan apakah Peraturan KPU itu ditolak atau dibenarkan, itu kuncinya," ujar Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (4/9).

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, pihaknya telah meminta langsung kepada MA untuk memprioritaskan proses hukum aturan ini. Supaya masalah ini tidak menghambat jalannya tahapan Pemilu 2019.

"Kami sudah menghubungi MA. Diterima oleh Wakil MA Bidang Yudidial. Sudah ada komunikasi baik. Kami sepakat meminta MA untuk memprioritaskan ini, agar tidak terhambat menetapkan DCT (Daftar Caleg Tetap) nanti. Saya kira ini kepentingan nasional yang harus didukung semua pihak," jelasnya.

Usai pertemuan ini, Komisi Pemilihan Umum RI (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum RI (Bawaslu), serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar rapat konsolidasi lanjutan. Lebih jauh Wiranto meminta agar masyarakat tetap tenang dan mengikuti jalannya proses uji materi.

"Yang penting kami minta masyarakat tetap tenang. Tidak berspekulasi lagi tentang masalah ini, tidak menjadikan gaduh," pungkasnya.

Sebagai informasi, Rakorsus ini turut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, Ketua DKPP Harjono dan perwakilan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kememkumham).

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up