JawaPos Radar

Eks Koruptor Nyaleg, Wiranto: KPU Dan Bawaslu Tidak Ada yang Salah

04/09/2018, 17:52 WIB | Editor: Kuswandi
Wiranto
Menkopolhukam Wiranto saat diwawancarai awak media beberapa waktu lalu (Sabik/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto bersama penyelenggara Pemilu telah bersepakat menunggu keputusan Mahkamah Agung (MA) terkait aturan mantan narapidana korupsi menjadi calon legislatif (caleg). Hal ini dikatakan usai melakukan rapat koordinasi menyikapi polemik eks koruptor lolos jadi bacaleg.

Terkait adanya ketidakselarasan antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Wiranto enggan menyalahkan salah satu pihak. Sebab keduanya dianggap memiliki argumentasi kuat.

"Setelah mendengar beberapa pihak KPU atau Bawaslu, memang tidak ada yang salah dari mereka. Tapi apa landasan KPU dan Bawaslu mengambil keputusan itu? Ternyata mereka memiliki argumentasi yang cukup sahih," uhar Wiranto di Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (4/9).

Sementara itu terkait adanya kabar bahwa PKPU berlawanan dengan Undang-undang Wiranto enggan berkomentar lebih jauh. Ia menyerahkan hal itu kepada proses judicial review di MA.

"Terkait bertentangan dengan Undang-undang itu beda lagi," jelasnya.

Lebih jauh mantan Panglima TNI itu menegaskan baik penyelenggara pemilu maupun pemerintah dipastikan tetap satu semangat melawan korupsi. Meski demikian proses hukum yang tengah berjalan pun harus dipatuhi.

"Kita juga tentu seluruhnya sangat anti korupsi, yang penting semangat itu masih ada baik dari lembaga penyelenggara pemilu maupun pemerintah," pungkas Wiranto.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up