alexametrics

Emil Ajak Istri Cantiknya Blusukan di Tiga Pasar

4 Mei 2018, 15:03:07 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak blusukan di Pacitan. Kali ini, Emil tak sendiri. Dia mengajak serta istrinya Arumi Bachsin.

Di Pacitan, Emil dan Arumi menyambangi tiga pasar tradisional. Adalah Pasar Tegalombo, Pasar Minulyo, dan Pasar Arjowinangun. Tidak sekadar mengenalkan diri, Emil juga menyerap aspirasi dari para pedagang pasar.

Siti Azizah merupakan salah satu pedagang yang menyampaikan uneg-unegnya kepada Emil. Dia mengeluhkan sepinya pengunjung di pasar dan menurunnya daya beli masyarakat. Ia khawatir kejadian ini terus berlanjut hingga Ramadan mendatang.

“Sekarang tidak seperti dulu. Pembeli tidak seramai dulu. Mungkin harus ada penataan agar pasar bisa ramai dan pedagang kecil dilindungi,” kata Siti, Jumat (4/5).

Menanggapi aspirasi pedagang, Emil Dardak menjelaskan bahwa perlu adanya upaya untuk menata pasar agar bertambah ramai. Konsep penataaannya juga harus atas persetujuan mayoritas pedagang. Di sisi lain, toko atau pasar modern harus diatur agar berdiri di atas koperasi untuk melindungi usaha kecil.

“Banyak rujukan untuk menata toko modern berjaringan atau pasar rakyat seperti ini. Di daerah yang saya pimpin, menerapkan aturan pasar modern berjaringan berdiri di atas koperasi. Mereka punya pangsa pasar sendiri-sendiri,” katanya.

Alumni University Of Oxford itu berkomitmen untuk mengarahkan pasar rakyat/tradisional untuk memenuhi unsur kenyamanan, kebersihan, arus keluar masuknya bongkar muat barang, dan parkir memadai.

“Upaya penataan harus bertujuan memberikan potensi rejeki yang bertambah bagi penjual. Tentunya kearifan lokal tetap diperhatikan. Ini sudah kami lakukan di tempat kami (Trenggalek). Tentunya akan kami dorong lebih luas lagi jika kami diberi tanggung jawab di provinsi,” tutur Bupati Trenggalek nonaktif itu.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Emil Ajak Istri Cantiknya Blusukan di Tiga Pasar