alexametrics

Djarot: Percepatan Pembangunan Air Bersih Harus Dipercepat

4 Mei 2018, 19:45:55 WIB

JawaPos.com – Usai berkunjung ke Bendungan D.I. Sei Wampu yang ada di Kabupaten Langkat, Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat dan Anggota Komisi V DPR RI Nusyirwan Soedjono melanjutkan perjalanan ke PDAM Tirtasari, Jalan Gunung Sinabung Marcapada, Kota Binjai.

Di sana, mereka melihat pembangunan proyek intake air minum dan bendungan. Disana Djarot masih melihat pembangunan yang masih jauh dari kata rampung.

Djarot mengatakan, harus ada percepatan pembangunan akses air bersih. Karena, air merupakan kebutuhan primer. “Kita sudah mencanangkan universal akses, baik itu air bersih, sanitasi ataupun menghilangkan daerah kumuh. Itu sudah komitmen,kata Djarot, Jumat (4/5).

“Ini sangat strategis. Sehingga ini bisa untuk menyediakan air bersih,” tambahnya.

Bendungan yang ditinjau Djarot hari ini, merupakan bendungan yang berperan memasok kebutuhan air minum di tiga kabupaten/Kota yakni, Medan, Binjai dan Deli Serdang.

Djarot mencatat, untuk Kota Medan pasokan air sudah masuk di angka 79 persen, untuk Binjai tercatat 29 persen dan Deli serdang 11 persen.

“Karena melintasi antar wilayah, maka pemerintah provinsi harus ada di situ. Untuk penyediaan air minum. Bahan baku cukup bagus, kerjaan cukup bagus. Tinggal in take, diproses dan disalurkan ke rumah tangga,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Djarot: Percepatan Pembangunan Air Bersih Harus Dipercepat