alexametrics

Djarot Kagumi Sosok Syekh Silau Laut yang Berjuang Lawan Penjajah

4 April 2018, 17:58:22 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat menilai sosok Tuan Syekh Silau Laut patut menjadi suri tauladan bagi masyarakat Sumut. Menurutnya, Syekh Silau Laut adalah pejuang yang juga harus diapresiasi karena mempunyai andil besar melawan penjajah.

Djarot yang dijadwalkan berkampanye di Kabupaten Asahan pun menyempatkan diri untuk berziarah ke Makam Syekh Silau Laut di Desa Silo Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Rabu (4/4).

“Sebagai generasi muda kita patut bersyukur dan akan menjadikan sosok Syekh Silau Laut sebagai inspirasi melanjutkan pembangunan di Sumatera Utara,” ucap Djarot.

Syekh Silau Laut memang dikenal sebagai penyebar Agama Islam di Nusantara. Dia wafat pada 28 Februari 1941. Semasa hidupnya, Syekh Silau Laut juga memiliki peran penting dalam membangun Kabupaten Asahan.

Djarot juga mengungkapkan apresiasinya kepada keluarga besar H Ibrahim Ali dalam merawat rumah besar peninggalan Syekh Silau Laut.

Desain rumah Syekh Silau Laut ini merupakan prototipe rumah-rumah di Kabupaten Asahan. Dan di rumah itu juga sebagai tempat pengajian-pengajian syiar Islam. Kemudian di halaman rumah yang luas sebagai tempat latihan silat.

Pada kesempatan itu, Djarot menyatakan dirinya akan berupaya melestarikan Komplek Tuan Syekh Silau Laut dengan menjadikannya sebagai cagar budaya.

Sehingga perawatan dan pemeliharaan seluruh peninggalan Syekh Silau Laut menjadi tanggung jawab pemerintah. Generasi muda yang ingin melihat dan mengetahui bagaimana syiar Islam dan perjuangan Syekh Silau Laut di Kabupaten Asahan bisa langsung datang ke sana.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Djarot Kagumi Sosok Syekh Silau Laut yang Berjuang Lawan Penjajah