alexametrics

Sambil Main Gitar, Emil kenalkan Program ‘Gemilang’ di Pasar Praban

4 Maret 2018, 13:12:28 WIB

JawaPos.com – Calon wakil gubernur Jawa Timur nonor urut 1, Emil Elestianto Dardak, memanfaatkan malam akhir pekan dengan blusukan ke Praban, Surabaya, Sabtu, (3/3) malam. Emil datang bersama isterinya, Arumi Bachsin menyapa para pedagang sekaligus sekligus mengecek keberadaan poduk lokal.

Setelah selesai keliling pasar, Emil menemukan cukup banyak dagangan yang dibuat oleh pengrajin dari kalangan usaha kecil menengah. Seperti sepatu lokal yang memiliki kualitas cukup bersaing di pasaran. Bahkan layak didorong untuk memiliki brand atau merk sendiri.

“Saya datang kesini mencari barang-barang lokal. Selain itu kita mungkin juga sudah saatnya mengembangkan merk-merk sendiri. Sebenarnya saat ini sudah banyak yang bisa kita buat disini, cuma disain ataupun segala macam kita masih belum bisa.” kata Emil.

Emil Elestianto Dardak
Saat blusukan di pertokoan sepatu Praban, Blauran, Cawagub Jatim no urut 1, membeli speatu, Sabtu malam (3/3). (Istimewa)

Tidak hanya sepatu, Bupati Trenggalek non aktif itu juga menemukan produk gitar yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar. Sayangnya, belum punya merek paten dan terdaftar. Emil bersama Arumi pun sempat menjajal memainkan gitar kauistik buatan pengrajin itu.

”Sebenarnya gitar ini bisalah dikasih merk lokal Indonesia. Saya coba dan suaranya lumayan, kita tinggal mencari penyempurnaan-penyempurnaan tambahan saja,” terang Emil.

Diterangkan Emil, pemerintah haru hadir untuk membantu pengrajin, terutama akses pasar. Sehingga, produk lokal bisa berkembang dan dikenal daerah luar bahkan ke mancanegara. Hal itu sudah pernah dilakukan Emil di Trenggalek. Diantaranya, membantu pengurusan merek sekaligus membuka pasar ke luar daerah.

Untuk itu, lanjut Emil, dalam konteks membangun industri kecil menengah di Jawa Timur, Emil yang berpasangan dengan Cagub, Khofifah Indar Parawansa telah menyiapkan program ‘Gemilang’.

“Gemilang itu singkatan dari gerakan mutu industri cemerlang. Semacam program ajang mencari bakat atau potensi yang terpendam dari UMKM kita untuk bisa kita upgrade,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 dengan dukungan 6 partai politik. Yakni, partai Demokrat (13 kursi), partai Golkar (11 kursi), Partai Amanat Nasional (7 Kursi), PPP (5 kursi), partai NasDem (4 kursi), dan partai Hanura (2 kursi).

Dalam pencalonannya paslon nomor urut 1 itu, menawarkan beberapa program kerja jika terpilih kelak. Program-program tersebut dikemas dengan sebutan Nawa Bhakti Satya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Sambil Main Gitar, Emil kenalkan Program 'Gemilang' di Pasar Praban