alexametrics

PDIP Harap Jokowi dan Gus Ipul Saling Dukung

4 Maret 2018, 16:13:51 WIB

JawaPos.com – PDI Perjuangan (PDIP) telah menetapkan akan mengusung kembali Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai calon Presiden RI 2019. Penetapan tersebut, adalah strategi dukungan PDIP kepada Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah mengatakan, strategi tersebut sudah disosialisasikan pada Rakernas III Februari lalu di Bali. Intinya, sebagai sesama kader PDIP, Joko, Saifullah, dan Puti saling mendukung terhadap pencalonan mereka masing-masing.

Ditanya mengenai alasannya, Ahmad Basarah mengatakan, Presiden RI Joko Widodo adalah kader PDIP yang cukup loyal terhadap partai. Selain karena sudah menjadi perahu politiknya saat maju pada pilpres 2014 lalu, Presiden RI Joko Widodo juga “wajib” mendukung calon yang didukung partai.

“Karena partai ini menjadi tempat kelahiran dan tumbuhnya Jokowi,” kata Ahmad saat Rapat Koordinasi PDIP di Surabaya, Minggu (4/3).

Selain itu, Ahmad mengaku sudah memastikan pandangan yang sama dari Saifullah Yusuf. Dia menyatakan, Saifullah sudah melontarkan pandangannya secara pribadi dan sebagai kader PDIP untuk mendukung Presiden RI Joko Widodo pada pilpres 2019 mendatang.

“Tempo hari, Gus Ipul telah menyatakan dukungan pada Pak Jokowi sebagai Capres 2019,” kata Ahmad.

Disinggung soal gosip Presiden RI Joko Widodo yang mendukung Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ahmad menyatakan hal itu tidak benar. Menurutnya, penetapan tersebut juga dimanfaatkan PDIP untuk menyangkal kabar tersebut.

Ahmad menganggap, relasi politik antara Presiden RI Joko Widodo dan Khofifah sudah putus sejak kursi Menteri Sosial ditempati Idrus Marham. Sehingga, posisi Presiden RI Joko Widodo akan semakin memantapkan upaya PDIP memenangkan Saifullah dan Puti Guntur sebagai pemimpin Jawa Timur.

Sementara itu, Sekretaris PDIP Jawa Timur Sri Untari mengatakan, suara rakyat yang mendukung Presiden RI Joko Widodo maupun Saifullah belum dapat dipastikan. Kemungkinan berubah selalu ada.

Namun, Sri tetap optimis terhadap strategi tersebut. Setidaknya, dia menganggap eksistensi Presiden RI Joko Widodo sebagai salah satu kader terbaik PDIP dapat mendongkrak elektabilitas Saifullah dan Puti Guntur.

“Dengan posisi satu paket dukungan ke Pak Joko Widodo, makin besar potensi masyarakat mencoblos Saifullah dan Puti,” kata Sri.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
PDIP Harap Jokowi dan Gus Ipul Saling Dukung