Jokowi Dan Sandi Dalam Pusaran Pemilih Milenial

03/09/2018, 20:05 WIB | Editor: Budi Warsito
Ilustrasi Jokowi-Ma'ruf Amin, Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang diprediksi akan menghadirkan persaingan ketat dalam memperebutkan suara pemilih pemula yang saat ini dikenal dengan generasi milenial. Masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden yang bertarung, memiliki posisi tersendiri di mata kaum milenial ini.

Untuk pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Jokowi dinilai memiliki posisi tersendiri seiring dengan seringnya ia muncul di media sosial. Sementara untuk pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sandi dinilai akan menjadi penggaet pemilih pemula yang jumlahnya cukup signifikan.

"Kalau untuk calon presiden, tentu Jokowi lebih dikenal oleh kaum pemilih pemula. Tapi kalau kita berbicara wakilnya, maka Sandi (Sandiaga Uno) tentu lebih dikenal dibandingkan Ma'ruf Amin," kata Pengamat Politik Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Zamzani A Karim, ketika dihubungi, Senin (3/9).

Zamzani melanjutkan, strategi masing-masing tim yang ada di daerah, termasuk di Kepri, sangat menentukan untuk memperbesar kemungkinan pilihan pemilih milenial terhadap salah satu paslon.

Kedekatan Sandi dan Jokowi yang menjadi unggulan dari masing-masing paslon, harus bisa dimaksimalkan untuk menutupi popularitas Prabowo dan Ma'ruf saat ini belum terlalu dikenal kaum milenial.

"Pemilih pemula dimana-mana sama. Mereka harus didekati dengan pendekatan khusus, peluang untuk merebut suara mereka melalui media sosial, itu yang menarik buat mereka," kata Zamzani lagi.

Namun demikian, Zamzani juga mengingatkan agar masing-masing tim dari kedua paslon untuk bisa melihat resiko dari pendekatan melalui media sosial itu sendiri. Ada resiko yang justru bisa sangat merugikan jika penggunaannya tidak benar-benar diawasi.

"Jangan sampai nantinya jadi sumber fitnah dan menyebar hoax, itu malah menjadi blunder," kata Zamzani.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi