JawaPos Radar

Ini Sembilan Gubernur dan Wakil Gubernur yang Akan Dilantik di Istana

03/09/2018, 19:22 WIB | Editor: Kuswandi
Pilkada
Ilustrasi: Pilpres 2019 (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo berencana akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih pada Rabu (5/9) mendatang. Sebanyak sembilan kepala daerah direncanakan akan dilantik di Istana Negara.

Hal itu pun dibenarkan oleh Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri), Bahtiar bahwa telah melakukan rapat koordinasi di Kantor Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg) untuk menyiapkan proses pelantikan tersebut.

"Betul (rapat koordinasi) di Kemensesneg," kata Bahtiar kepada JawaPos.com, Senin (3/9).

Bahtiar menjelaskan, sembilan kepala daerah tersebut terpilih berdasarkan hasil Pilkada Serentak 2018. Nantinya mereka dilantik langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

Kesembilan kepala daerah terpilih periode 2018-2023 yakni, Sutarmidji-Ria Norsan untuk Kalimantan Barat, Ali Mazi-Lukman Abunawas untuk Sulawesi Tenggara, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman untuk Sulawesi Selatan, Ganjar Pranowo-Taj Yasin untuk Jawa Tengah, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Umum untuk Jawa Barat, Edy Rahmayadi-Musa Rajecksah untuk Sumatera Utara, Lukas Enembe-Klemen Tinal untuk Papua, Viktor Laiskodat-Josef Nae Soi untuk Nusa Tenggara Timur (NTT) dan I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana.

Sebelumnya, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih direncanakan akan dilantik pada 17 September 2018 mendatang. Namun dimajukan pada Rabu (5/9) mendatang.

Berbagai kesiapan pun telah disiapkan oleh para Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk dilantik di Istana Negara.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up