JawaPos Radar

Pilpres 2019

Sama Dengan TGB, Pakde Karwo Juga Dukung Jokowi di Pilpres 2019

03/08/2018, 13:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Sama Dengan TGB, Pakde Karwo Juga Dukung Jokowi di Pilpres 2019
Bacagub Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Ketua DPD Demokrat Jatim Soekarwo makan siang di Kantor DPD Demokrat Jatim, Surabaya, Selasa (30/1). (Moh Mukit/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Langkah politikus Partai Demokrat Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) rupanya diikuti oleh kader-kader tingkat akar rumput di Jawa Timur.

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo atau sapaan akrabnya Pakde Karwo meng‎atakan, mayoritas suara di akar rumput menyatakan dukungannya kepada Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019.

Hal ini pun berbanding terbalik dengan keputusan DPP Partai Demokrat yang sudah memberikan dukungan ke Prabowo Subianto sebagai capres.

"Itu kan struktural DPP. Tapi kan kalau untuk perasaan anggotanya punya ‎karahasian sendiri-sendiri," ujar Soekarwo di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Jumat (3/8).

Pakde Karwo juga menyatakan mendukung Jokowi di Pilpres 2019 . Namun, sikapnya ini tidak seperti Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) yang menyatakan mendukung Jokowi, lantas keluar dari Partai Demokrat.

"Oh tidak, sudah jelas (tetap di Demokrat)," katanya.

Pakde Karwo menambahkan, Partai Demokrat juga tidak mempermasalahkan akar rumput di Jawa Timur berbeda dukungan di Pilpres 2019. Partai Demokrat sudah sangat terbuka menghargai adanya perbedaan.

"Oh terbuka, bahkan tidak hanya di Jawa Timur ada beberapa daerah (yang menyatakan mendukung Jokowi)," ungkapnya.

Memang DPP juga mengajak kader-kader di Jawa Timur mendukung Prabowo Subianto. Namun, lanjut Karwo, hati nurani seseorang untuk mendukung atau tidak mendukung Jokowi tidak bisa dipaksa.

"Jadi, memang struktur pengurusan memang digerakkan ke sana (mendukung Prabowo Subianto)," pungkasnya.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up