Ferdinand Sebut Lebih Banyak Kader Demokrat Dukung Prabowo dari Jokowi

03/08/2018, 15:32 WIB | Editor: Estu Suryowati
Hasil ‎perolehan dukungan ke Prabowo dan Jokowi dari hasil rakorda Partai Demokrat. (istimewa/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - DPD Jawa Timur menyatakan dukungan kepada Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Hal itu berbanding terbalik dengan keputusan DPP yang sudah mendukung Prabowo Subianto.

Ketua Divisi Bidang Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengatakan, berdasarkan data yang ia terima tidak sedikit kader di Jawa Timur yang mendukung Prabowo Subianto.

"Pakde Karwo dalam pernyataannya bahwa DPD Jawa Timur lebih banyak mendukung Jokowi. Artinya, yang mendukung Prabowo juga ada dan tidak sedikit," ujar Ferdinand kepada JawaPos.com, Jumat (3/8).

Berdasarkan hasil Rakorda, 11 dari 34 DPD Demokrat menyatakan dukungan untuk Jokowi, atau sebanyak 776 suara. Sedangkan yang mendukung Prabowo mencapai 23 DPD Provinsi, dengan perolehan 1.254 suara.

"Atau Jokowi didukung 38,20 persen dan Prabowo didukung 61,80 persen. Ini suara kader. Jadi, sikap DPD Jawa Timur itu kan hasil Rakorda," katanya.

Jadi secara nasional Prabowo Subianto lebih unggul dari Jokowi. Sehingga, kata Ferdinand, sudah menjadi kewajiban DPP Partai Demokrat untuk mengikuti aspirasi kadernya.

"Bahwa nanti Pilpres, secara struktur partai, tetap akan bekerja sesuai keputusan partai dari pusat. Demokrat tetap solid memenangkan pilihan DPP," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo atau sapaan akrabnya Pakde Karwo meng‎atakan mayoritas suara di akar rumput menyatakan dukungannya kepada Jokowi.

Pakde Karwo juga menyatakan mendukung Jokowi di Pilpres 2019. Namun sikapnya ini tidak seperti Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) yang menyatakan mendukung Jokowi lantas keluar dari Partai Demokrat.

Pakde Karwo menambahkan, Partai Demokrat tidak mempermasalahkan akar rumput di Jawa Timur berbeda dukungan di Pilpres 2019. Partai Demokrat sudah sangat terbuka menghargai adanya perbedaan.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi