alexametrics

Puti Siapkan Skema Permodalan UMKM

3 Juni 2018, 18:30:00 WIB

JawaPos.com – Calon wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno menyempatkan diri berbelanja di Banyuwangi, Minggu (3/6). Kunjungan itu adalah kampanye Puti bahwa produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mampu mendongkrak perekonomian saat Lebaran. 

Puti menyempatkan diri berkunjung ke sentra UMKM di Kecamatan Srono dan pasar Rogojampi. Dia membeli beberapa jajanan khas Lebaran. Antara lain, bakiak dan pia khas Banyuwangi, dan ledre Bojonegoro. 

Puti sempat berdialog dengan para penjual kue Lebaran di Pasar Rogojampi, Banyuwangi. Dia menanyakan kue yang paling laris saat Lebaran. Yakni, bagiak dan bolu kuwuk, 

“Kalau bolu kuwuk belum pernah makan, saya beli ya. Satu lagi favorit di sini pia Glenmore, kulitnya sangat lembut dan langsung rontok saat digigit,” kata Puti di pasar Rogojampi, Banyuwangi, Minggu (3/6). 

Menurut Puti, dirinya tidak hanya sekedar berbelanja untuk kebutuhan Lebaran. Dia bependapat UMKM adalah penyangga ekonomi. Apalagi, lanjutnya, Lebaran merupakan momen kenaikan nilai perekonomian. 

“Ramadan dan Lebaran merupakan momen yang mempu meningkatkan penjualan produk UMKM daerah,” kata Puti 

Puti lalu menyebut data peningkatan perekonomian berdasarkan data Bank Indonesia tahun. Katanya, tingkat perekonomian Indoensia dari aspek peredaran uang mencapai Rp 719,51 triliun. 

Karenanya, Puti mengaku sudah menyiapkan skema permodalan mudah dan murah. Yakni, melalui kredit paling murah dibanding yang ada saat ini. 

Skema itu dapat terlaksana jika ada sinergi antara Pemerintah propinsi Jawa Timur dengan Bank Jawa Timur. Sehingga, pemerintah mampu memeberi permodalan termurah khusus untuk usaha mikro. “Kalau disetarakan, bunganya sekitar tiga persen per tahun,” jelas Puti. 

Tak hanya produk makanan dan minuman. Puti mengklaim produk busana buatan UMKM juga mampu mendongkrak perekonomian. Terutama, produk kain batik. 

Menurutnya, banyak masyarakat yang berburu kain batik saat Lebaran. Dia lalu mencontohkan busana karya desainer Surabaya, Malang, Banyuwangi, dan Jember.

Menurutnya, karya perancang busana dari sejumlah kota di Jawa Timur tersebut yang tak kalah keren dari karya desainer daerah lain. Juga beberapa karya bordir dan batik di seluruh Jatim.

“Jadi ayo berbatik ria saat Lebaran nanti, pakai busana produk UMKM,” ajaknya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Puti Siapkan Skema Permodalan UMKM