alexametrics

Gus Ipul Ingin Sedekah Bumi Jadi Wisata

3 Mei 2018, 12:00:59 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf mengikuti tasyakuran sedekah bumi dan istighosah. Acara digelar warga Perumahan UKA, Benowo, Surabaya, Rabu (3/4) malam. Beberapa gunungan jajan pasar dan aneka tumpeng dipersiapkan warga sebagai bentuk syukur atas keberkahan yang selama ini mereka dapatkan.

Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, tiba di lokasi acara sekitar pukul 22.00 WIB. Dia langsung berbaur dengan warga. Usai memberikan sambutan singkat, Gus Ipul ikut warga duduk bersila dan berdoa.

Nasi tumpeng disajikan secara lesehan sebagai bentuk keakraban antar-warga. Gus Ipul yang mengenakan baju koko dan sarung putih berbaur di antara mereka. Makan nasi bareng satu nampan dengan menggunakan tangan tanpa sendok. “Inilah pemimpin kita, berbaur dengan rakyat tanpa sekat. Mana mau calon lain seperti ini,” kata tokoh masyarakat setempat, Sunarwito.

Sunarwito lantas menceritakan, salah satu calon pemimpin yang tidak pernah ke masjid tiba-tiba rajin ngomong ke mana-mana. “Kalau Gus Ipul ini putra kiai. Dari sananya sudah rajin, tidak dibuat-buat. Tidak hanya pas nyalon saja,” ujarnya.

Sementara itu, Gus Ipul menyambut baik sedekah bumi yang digelar warga. Sedekah bumi merupakan budaya yang di dalamnya mengandung makna syukur. “Ini bentuk rasa syukur karena kita telah diberi macam-macam nikmat. Sehat, nikmat iman, rejeki dan keluarga sehat,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul berharap sedekah bumi bisa dilestarikan dan ke depan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi kampung perumahan UKA Benowo. “Ini kalau dilestarikan bisa jadi daya tarik wisata. Kawasan ini nantinya bisa jadi desa wisata,” kata Gus Ipul.

Jika kelak dirinya menjadi gubernur, maka daya tarik seperti yang dimiliki perumahan UKA akan disuport dengan program Seribu Dewi (seribu desa wisata). Pengembangan seribu desa wisata bakal digeber di seluruh pelosok bersama Cawagub Jatim Puti Guntur Soekarno.

Dari program itu, Gus Ipul menargetkan ada 200 ribu lapangan kerja untuk warga. “Titik tekan programnya adalah warga. Pariwisata berbasis warga. Ibu-ibu, anak muda, warga diberdayakan. Kami sasar seribu kelompok sadar wisata (pokdarwis). Diberi modal, dibantu mempercantik desanya, dibantu toiletnya agar berstandar, dibantu sistem dan sebagainya,” papar pria asal Pasuruan tersebut.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Gus Ipul Ingin Sedekah Bumi Jadi Wisata