alexametrics

JR Saragih Mangkir Panggilan Gakkumdu

3 April 2018, 16:20:13 WIB

JawaPos.com – Mantan Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Sumatera Utara (Sumut) Jopinus Ramli (JR) Saragih mangkir dari panggilan penyidik Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Panggilan yang ditujukan kepada JR itu masih terkait status dirinya yang menjadi tersangka dugaan kasus pemalsuan dokumen legalisir ijazah saat mendaftar sebagai calon gubernur.

Bupati Simalungun tersebut harusnya menghadiri panggilan pada Senin (2/4). Namun, JR tidak hadir tanpa ada keterangan yang jelas.

“Penyerahan tersangka dan barang bukti seyogiannya dilaksanakan, kemarin. Tapi, JR belum bisa hadir,” ungkap Kasubbid Penmas Polda Sumut MP Nainggolan, Selasa (3/4).

Mangkirnya JR membuat pelimpahan tahap dua terkendala. Polda Sumut pun sudah melayangkan surat panggilan kedua kepada JR Saragih.

Diberitakan sebelumnya, berkas JR Saragih dinyatakan lengkap oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Gakkumdu pada, Rabu (28/3). Politisi dari Partai Demokrat itu dijerat dengan Pasal 184 UU No 10 tahun 2016 tentang pemilihan umum Gubernur, Bupati, dan Wali Kota dengan ancaman maksimal 6 tahun penjara.‎‎

Untuk diketahui, dampak dari kasus menjerat JR Saragih ini, membuat ia dua kali ditetapkan tidak memenuhi syarat sebagai calon Gubernur Sumut oleh KPU Sumut. Kemudian, JR Saragih harus dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPD Demokrat Sumut. Ia digantikan oleh Herri Zulkarnain yang saat ini menjabat sebagai Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut.

Teranyar, Bawaslu Sumut juga sedang mendalami video dirinya yang menyatakan dukungan kepada pasangan Nomor urut 2 Djarot-Sihar. Karena dalam peraturan ada larangan kepala daerah untuk berkampanye.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
JR Saragih Mangkir Panggilan Gakkumdu