alexametrics

Permohonan Dikabulkan, JR Saragih Bisa Ikuti Pilgub Sumut

Diberikan Waktu 7 Hari Lengkapi Persyaratan
3 Maret 2018, 22:19:00 WIB

JawaPos.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut mengabulkan permohonan sengketa pemilihan JR Saragih sebagai calon gubernur Sumatera Utara, Sabtu (3/3). Dalam putusannya, Bawaslu memutuskan untuk membatalkan keputusan yang menetapkan pasangan JR Saragih-Ance tidak memenuhi syarat sebagai pasangan calon Gubernur Sumut.

Mendengar keputusan Bawaslu, suasana di depan kantor Bawaslu sontak heboh. Para pendukung JR-Ance yang sudah menunggu berjam-jam langsung mengelu-elukan nama JR-Ance. “Hidup JR-Ance, Hidup nomor urut tiga,” teriak para pendukung.

Suasana semakin gaduh saat pasangan JR Saragih-Ance Selian keluar dari dalam gedung Bawaslu. Para pendukung langsung memberikan bunga sebagai bentuk rasa syukur.

JR Saragih
Pendukung JR Saragih membentangkan poster nomor urut 3 sebagai bentuk dukungan kepada Pasangan JR-Ance yang memenangkan sengketa pemilihan melawan KPU Sumut. (Prayugo Utomo/JawaPos.com)

“Saya berterima kasih kepada pencinta JR-Ance, baik yang ada di sini maupun yang ada di daerah. Mereka selalu membuat nyaman, tidak ada yang membuat keributan selama musyawarah berlangsung. Semoga Sumut makin maju,” kata JR Saragih dengan suara agak lirih. 

Keluar dari Kantor Bawaslu, JR-Ance diarak oleh para pendukungnya. Tak henti-hentinya, dia menyalami dan melemparkan senyum kepada para loyalisnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan mengatakan, pihaknya memerintahkan pemohon (JR Saragih) melakukan legalisir fotokopi ijazah ke instansi berwenang, sesuai perundang-undangan.

Putusan Bawaslu Sumut didasarkan pada pertimbangan adanya sejumlah kesalahan pada proses verifikasi yang dilakukan KPU Sumut beberapa waktu lalu. Di antaranya, mereka langsung menyatakan fotokopi ijazah JR Saragih tidak memenuhi syarat, padahal keabsahan ijazahnya belum terkonfirmasi.

“Termohon, dalam hal ini KPU Sumut, diperintahkan untuk menggunakan fotokopi ijazah SMA JR Saragih yang telah dilegalisir instansi berwenang. Dokumen itu akan menjadi dasar untuk menentukan pasangan JR-Ance memenuhi syarat atau tidak,” imbuhnya.

Putusan ini harus dilaksanakan pemohon gugatan paling lama 7 hari kerja setelah putusan diketok.

Perlu diketahui, sewaktu proses sengketa, setidaknya 1.047 personel kepolisian diterjunkan untuk antisipasi kerusuhan.

Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP I Gede Nakti mengatakan, ada 1.047 personel gabungan yang disiagakan. Jumlah ini meningkat 100 persen dari musyawarah-musyawarah sebelumnya.
“Karena agendanya putusan, tingkat kerawanannya lebih tinggi dibanding hari biasa. Makanya pengamanan kita perketat,” ujarnya di sela-sela putusan.

Sementara itu, pola pengamanan tetap tidak berubah. Armada pengendali massa disiagakan di depan kantor Bawaslu. Mobil water cannon juga sudah di siagakan berada di dekat kerumunan massa.

Pantauan di lokasi, musyawarah diwarnai aksi unjuk rassa dari ribuan simpatisan JR-Ance. Massa yang datang tidak hanya berasal dari Kota Medan. Tetapi meliputi juga dari luar daerah.
“Kita doakan agar tetap kondusif,” pungkas Nakti.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Permohonan Dikabulkan, JR Saragih Bisa Ikuti Pilgub Sumut