JawaPos Radar

Isu Keamanan di Pilgub Jabar 2018

Sudrajat: Kami Tidak Ada Isu yang Memicu SARA

03/02/2018, 16:28 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Pilgub Jabar 2018
Bacagub Jabar Sudrajat saat deklarasi pencalonan di Monumen Perjuangan, Kota Bandung, Rabu (10/1). (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Dua tokoh agama di Jawa Barat (Jabar) menjadi korban penganiayaan. Sejumlah isu akhirnya berkembang. Ada yang mengaitkan peristiwa tersebut dengan tahun politik. Yakni, Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018. Bahkan ada opini bahwa Pilgub Jabar akan seperti Pilgub DKI Jakarta yang diwarnai dengan isu SARA.

Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jabar Sudrajat secara tegas menepis isu-isu tersebut. Ia menyatakan bahwa Pilkada Jabar akan tetap aman. "Banyak isu-isu yang dilontarkan di arena publik. Bahwa Pilkada DKI akan terulang di Jabar dalam konteks kerusuhannya. Kami sebagai orang Jabar menentang pendapat itu," tegas Sudrajat di Bandung, Sabtu (3/2).

Situasi dan kondisi DKI Jakarta berbeda dengan Jabar. "Bahkan ada tokoh yang mengatakan salah satunya kami tidak punya Ahok di sini. Kami tidak ada isu yang memicu unsur SARA," sambung Sudrajat.

Mengenai kejadian yang dialami dua tokoh agama, yakni KH Umar Basri yang dianiaya dan ustad Prawoto yang tewas oleh pelaku yang disebut memiliki gangguan jiwa. Sudrajat berpendapat bahwa kebetulan saja peristiwanya bersamaan dengan tahun politik.

"Saya belum melihat adanya indikasi ke pilkada. Ini masalahnya hanya bertepatan dengan waktu menjelang pilkada. Sehingga persepsi masyarakat akhirnya akan ke sana," ungkap Sudrajat.

Kini masyarakat berpersepsi macam-macam. Sehingga perlu diluruskan. "Memberikan penjelasan yang baik dan juga pengusutan yang tuntas dari pihak kepolisian," tandas Sudrajat.

Bahkan, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menjamin pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 akan tetap kondusif dan aman. "Kami punya pengalaman Pilkada Serentak. Jadi kami punya pengalaman aman. Pasti aman juga," tukas Ahmad Heryawan di Bandung.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan terus berusaha dan berkoordinasi dengan pemerintah, TNI, Polri, para ulama, dan masyarakat dalam menjaga keamanan pilkada. "Bahkan beberapa hari ke depan, kami akan berkumpul bersama," pungkas Ahmad Heryawan.

(ona/JPC)

Alur Cerita Berita

Cawagub Jabar Ahmad Syaikhu Berduka 03/02/2018, 16:28 WIB
Kang Emil: Kalau Terlena Kita Kalah 03/02/2018, 16:28 WIB
Demokrat Usung Dede Yusuf?  03/02/2018, 16:28 WIB
Nasdem Siap Menangkan Ridwan Kamil  03/02/2018, 16:28 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up