alexametrics

Ini Strategi Kampanye Gus Ipul-Puti

3 Februari 2018, 17:47:16 WIB

JawaPos.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah menyusun strategi kampanye untuk Bakal Calon Gubernur-Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacagub-Bacawagub) Jatim Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Keduanya akan mengunjungi semua daerah di Jatim. Kunjungan tidak didasarkan ada atau tidaknya kader PDIP di daerah.

Tim Pemenangan Pilgub Jatim PDIP Ahmad Basarah mengatakan, ada sejumlah indikator yang dijadikan acuan dalam menyusun strategi kampanye pemenangan pasangan Saifullah Yusuf-Puti. Antara lain tingkat kepopuleran Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Puti di daerah.

Dari situ kemudian ditentukan bahwa Gus Ipul akan fokus mengkampanyekan diri di daerah dengan basis Nahdliyin, Narhaen yang kuat. Sedang Puti akan blusukan di wilayah Mataraman. Keduanya akan berkampanye sebagai pasangan calon yang mengedepankan semangat nasionalis religius.

“Jadi daerah mana yang Gus Ipul lebih poluler, kami prioritaskan beliau ke situ,” kata Ahmad Basarah di sela Rapat Kerja Daerah Khusus PDIP Jatim, Sabtu (3/1).

PDIP sudah mengkoordinasikan strategi kampanye Gus Ipul-Puti dengan semua kepala daerah yang menjadi kader partai. Akan ada reward and punishment dalam upaya kepala daerah mengamankan pemenangan Gus Ipul-Puti.

Parameter menang kalahnya Gus Ipul-Puti akan dilihat dari kabupaten dan kecamatan. Jika kalah, kepala daerah yang menjadi kader PDIP akan dievaluasi. “Dalam hal pencalonan legislatif akan datang, kepala daerah yang (suara Gus Ipul-Puti) kalah tidak akan dicalonkan,” tegas Ahmad.

Hal senada disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP Bambang Dwi Hartono. Menurutnya, keputusan strategi kampanye didasarkan survei popularitas pasangan calon dari hasil monitoring media. Cara tersebut adalah langkah dasar yang dilakukan semua partai politik saat menentukan strategi kampanye.

Ditanya soal bursa cagub dan cawagub di Jatim, Bambang mengaku optimistis dengan potensi pemilihnya. Dia mengatakan bahwa Pilgub Jatim 2018 menduduki peringkat kedua setelah Jabar. Yakni, sebanyak 30 juta pemilih. “Jadi ini jumlah yang cukup besar,” imbuh Bambang DH.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ini Strategi Kampanye Gus Ipul-Puti