alexametrics

Ciayumajakuning Masih Dikuasai Calon Petahana

2 Juli 2018, 09:39:17 WIB

JawaPos.com – Empat daerah di Jawa Barat (Jabar) turut menggelar Pilkada Serentak pada 27 Juni lalu. Adalah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Hasilnya, calon petahanan meraih keunggulan di wilayah Ciayumajakuning.

Berdasarkan hasil hitung cepat formulir C1 oleh masing-masing internal tim pemenangan, calon petahana di empat daerah tersebut kembali meraih suara terbanyak. Nashrudin Azis (Kota Cirebon) unggul 51,07 persen, Sunjaya Purwadisastra (Kabupaten Cirebon) meraih 31,36 persen, Karna Sobahi (Majalengka) 46 persen, dan Acep Purnama (Kuningan) 41 persen.

Keunggulan mereka menyusul kemenangan calon petahana saat pilkada di Kabupaten Indramayu pada 9 Desember 2015. Dengan hasil 55,31 persen suara pemilih.

Pengamat politik IAIN Syekh Nurjati Cirebon Wahyono Annajih mengutarakan, kekuatan petahana dalam bursa pilkada memiliki kans kuat meraih kembali tampuk tertinggi kekuasaan di daerah. Banyak faktor yang mendorong calon petahana mendulang perolehan suara terbanyak.

Antara lain, calon petahana memiliki ruang yang lebih leluasa untuk mengendalikan instrumen lembaga eksekutif. Apalagi jika calon petahana itu masih punya kesempatan waktu sisa jabatan. Sehingga para birokrat merasa terancam dengan posisinya di pemerintahan.

“Calon petahana punya akses leluasa untuk menggerakkan birokrasi saat masih punya waktu sisa menjabat. Belum lagi ada semacam utang budi dari pejabat kepada kepala daerah yang sedang mencalonkan,” kata Wahyono di Kampus IAIN Cirebon, Senin (2/7).

Calon petahana juga memiliki modal politik dan sosial yang cukup untuk memperkuat basis dukungan hingga akar rumput. Misalkan saat menjabat, bupati/wali kota bersangkutan memberikan kebijakan seperti proyek atau program sebagai kontrak politik dengan pihak-pihak tertentu.

“Calon petahana lebih diunggulkan dalam hal kontrak politik bagi-bagi jatah kekuasaan atau program pemerintah. Jadi kalau mencalonkan lagi, sudah terbentuk basis-basis dukungan dari hasil kerja-kerja kontrak politik itu,” papar Wahyono.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (wiw/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads
Ciayumajakuning Masih Dikuasai Calon Petahana