alexametrics

Ratusan Surat Suara yang Diterima KPU Bojonegoro Rusak

2 Juni 2018, 01:30:32 WIB

JawaPos.com – Ratusan surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) untuk wilayah Kabupaten Bojonegoro rusak. Hal itu diketahui, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro melakukan penyortiran dan pelipatan selama empat hari terakhir.

“Usai kita lakukan penyortiran mulai Senin hingga Kamis kemarin, sedikitnya 639 surat suara untuk pilgub terdeteksi rusak,” kata Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro, Supardi, di Bojonegoro, Jumat (1/6).

Dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara, pihaknya menggunkan tenaga musiman sebanyak 201 orang. Untuk mempermudah pengawasan ratusan tenaga lepas tersebut, pihak KPU melakukan sistem shift.

“Dengan jumlah tenga kerja itu, awalnya kita targetkan selesai tiga hari. Namun, karena kesulitan dalam pengawasan, kita jadikan dua kelompok, dengan mempekerjakan 100 orang perhari,” terang Supardi yang menangani Devisi Keuangan dan Logistik.

Menurut Supardi, surat suara yang rusak itu kebayakan terdapat bercak-bercak tinta, kertas buram, struktur potongan marginnya tidak sama. “Kalau hanya bercak kecil dan berada diruas kotak pasangan calon tidak apa-apa,” tuturnya.

Setelah mengetahui ratusan surat suara rusak lanjutnya, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi Jawa timur. “Kita akan menyampaikan kerusakan ini kepada KPU Jatim. Agar surat suara yang rusak segera diganti,” ujarnya.

Supardi melanjutkan, untuk kebutuhan Pilgub ini, dibutuhkan 1.053.032 lembar surat suara. Namun, yang diterima KPU Bojonegoro yakni sebanyak 1.041.576 surat suara. Sedangkan surat suara dalam kondisi baik berjumlah 1.040.937.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya masih kekurangan surat suara sebanyak 12.095. Sedangkan untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 1.026.229.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (yud/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ratusan Surat Suara yang Diterima KPU Bojonegoro Rusak