alexametrics

KPU Malang Temukan 6.793 Surat Suara Rusak

2 Juni 2018, 22:50:53 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang menemukan 6.793 surat suara yang rusak disaat melakukan penyortiran pada Rabu (30/5) hingga Sabtu (2/6).

Staf Logistik KPU Kabupaten Malang, Hendri menjelaskan, kerusakan surat suara untuk Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Jatim) ini terjadi hampir merata disetiap daerah. Artinya, di 33 kecamatan mengalami problem yang sama. Setiap kecamatan, kerusakan yang terjadi mencapai sekitar 200 lembar.

“Kalau rata-rata ya segitu jumlah kerusakannya,” kata Hendri, Sabtu (2/6).

Dia menjelaskan, KPU Kabupaten Malang juga mengalami kekurangan surat suara sebanyak 5.237 lembar. Artinya, dari 2.017.578 lembar yang diterima. Hanya ada 1.422.905 yang dalam keadaan baik.

Mengenai kerusakan dan kekurangan surat suara ini, KPU Kabupaten Malang akan segera melakukan pemberitahuan ke KPU Provinsi. Mereka akan bersurat dan melaporkan masalah ini.

“Setelah semua proses rekap data selesai, baru akan kami laporkan. Kemungkinan Senin,” katanya.

Dia menjelaskan, surat suara yang rusak atau kurang akan diganti oleh KPU Jatim. Namun, prosedurnya tidak semudah itu. KPU Jatim harus menunggu laporan dari jajaran penyelenggara pemilihan di daerah.

Setelah mendapatkan laporan, KPU Jatim akan melakukan verifikasi dan rekapitulasi data. Selanjutnya, akan melaporkan ke percetakan, agar dicetak sesuai dengan spesifikasi.

“Nah surat suara yang rusak nanti akan dimusnahkan oleh KPU Jatim,” katanya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
KPU Malang Temukan 6.793 Surat Suara Rusak