alexametrics

Relawan yang Cabut Dukungan dari ERAMAS Tidak Terdaftar di KPU

2 Mei 2018, 21:55:59 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara angkat bicara terkait kedatangan sekelompok orang yang mengaku sebagai relawan Pasangan Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (ERAMAS) untuk mencabut dukungan. Belakangan diketahui, Relawan asal Mandailing Natal itu tidak terdaftar di KPU Sumut.

Anggota KPU Sumut Benget Silitonga menegaskan, para relawan itu tidak terdaftar. Karena kata Benget, tim dari ERAMAS tidak pernah mendaftarkan relawan mereka.

“ERAMAS hanya mendaftarkan tim kampanye,” kata Benget, Rabu (2/5).

KPU juga mengaku, tidak tahu apa motif kedatangan para relawan ke KPU siang tadi. Benget mengatakan, ketentuan kampanye itu boleh dilakukan oleh tim kampanye, parpol, relawan dan orang per orang.

Paslon juga sudah diminta mendaftarkan tim kampanye dan relawan. Namun, tim ERAMAS sama sekali tidak pernah mendaftarkan relawan. Hal ini juga semakin membuat Benget bingung dengan kehadiran tim Relawan Madina ke KPU.

“Kita enggak tahu kenapa mereka ke KPU. Semestinya kan ke ERAMAS,” ungkapnya.

Terpisah, Wakil Ketua tim pemenangan Eramas Sugiat Santoso memastikan, kalau Relawan Madina itu tidak pernah terdaftar di ERAMAS. Dia juga bingung dengan apa motif di balik pencabutan dukungan itu.

“Kita menghargai pilihan, aspirasi masyarakat selama itu datang dari nuraninya. Tapi kalau ingin merusak citra ERAMAS, itu salah besar,” kata Sugiat.

Sebelumnya, sekelompok orang tiba-tiba datang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, Rabu (5/2). Mereka mengaku sebagai relawan pendukung ERAMAS yang akan pindah haluan mendukun Djarot-Sihar.

“Ini keinginan hati nurani kami sendiri kenapa kami keluar dari ERAMAS,” kata koordinator Faisal Haris Nasution.

Faisal pun mengklaim ada 3 ribu relawan yang beralih dukungan ke DJOSS. Relawan itu berasal dari 23 kecamatan yang tersebar di Mandailing Natal.

Faisal pun akan mengganti nama komunitas relawan dari Tabagsel Bersatu menjadi Relawan Gerakan Perubahan Sumut Bersama DJOSS.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Relawan yang Cabut Dukungan dari ERAMAS Tidak Terdaftar di KPU