alexametrics

Dua Anggota Satlinmas Berjaga di Setiap TPS

2 Maret 2019, 23:39:18 WIB

JawaPos.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menginstruksi pemda untuk membantu pengamanan saat pemilu. Caranya dengan menerjunkan dua anggota satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) di setiap TPS pada 17 April mendatang.

Direktorat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Linmas Kemendagri telah melakukan pendataan. Ada 514 kabupaten dan kota di Indonesia. TPS-nya tersebar di 809.500 lokasi. Rencananya, setiap TPS dijaga dua anggota satlinmas. Karena itu, direktorat satpol PP harus menyiapkan 1.619.000 personel.

Direktur Satpol PP dan Linmas Arief Edie menjelaskan fungsi anggotanya di lapangan nanti. Yakni, menjadi lini terdepan dalam menjaga pemilu agar berjalan lancar alias sebagai pengaman langsung (pamsung). Saat di lapangan, mereka juga berkoordinasi dengan TNI dan Polri. Dalam pengamanan pemilu, dua institusi tersebut berada di lini kedua setelah linmas. “Kami menjamin masyarakat yang sedang menggunakan hak pilihnya hari itu,” ucapnya.

Tugas anggota satpol PP dan linmas terbagi menjadi dua. Pertama, memastikan logistik pemilu sampai di TPS dengan aman. Begitu juga sebaliknya. Setelah pemilihan, mereka harus menjaga logistik pemilu sampai di lokasi pengumpulan dengan aman pula.

Tugas kedua, memastikan area di sekitar TPS nyaman bagi warga untuk memilih. Misalnya, tidak terjadi keributan. Mereka juga membantu pemilih masuk TPS secara aman.

“Aman itu tidak berarti aman dari kecurangan pemilu lho ya. Misalnya, kemungkinan rombongan ini tiba-tiba dibegal karena dikira sedang memindahkan uang,” jelas Arief.

Pengamanan lebih diperketat di beberapa area yang tingkat kerawanannya tinggi. Kriteria rawan bisa dilihat dari jauhnya jarak TPS tersebut dengan keramaian. Lokasi TPS juga dinyatakan rawan jika membutuhkan tenaga lebih untuk menuju wilayah tersebut. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (bin/c7/agm)

Copy Editor :

Dua Anggota Satlinmas Berjaga di Setiap TPS