alexametrics

Dream Team Jurus Baru Emil Kelola Kaum Milenial di Jatim

2 Maret 2018, 14:05:41 WIB

JawaPos.com – Tingginya jumlah pemilih generasi milenial dalam gelaran Pilgub Jawa Timur 2018  menjadi perhatian serius calon wakil gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak. Untuk diketahui generasi milenial di Jatim mencapai 14,5 juta atau 37,68 persen dari 38,85 juta total jumlah penduduk di Jatim.

Sebagai satu-satunya kandidat yang mewakili generasi milenial, Emil pun telah menyiapkan program khusus untuk generasi Y itu dengan sebutan program Dream Team. Yakni, melakukan kolaborasi generasi milenial di tingkat pelajar SMK dengan pelajar tingkat sarjana. Komposisinya, 5-10 anak SMK digabung dengan 2-5 anak D3 dan S1 untuk membuat terobosan baru di bidang pertanian.

“Program ini adalah pengelolaan milenial. Selama ini realitanya orang hanya menyuruh lulusan SMK untuk berwirausaha, sementara yang sarjana tidak diurus. Maka, dengan program ini, kemudian dibina sebuah science techno park untuk menghasilkan produk unggulan berbasis inovasi berdasarkan komoditi setempat,” kata Emil di sela kunjungannya di Magetan, Jumat, (2/3).

Bupati Trenggalek non aktif itu menerangkan, program tersebut sudah ia terapkan di Trenggalek dan berhasil. Ia berharap dengan adanya program Dream Team ini bisa merubah persepsi kebanyakan orang tentang pertanian.

“Bahwa pertanian bukan suatu hal yang kuno, tetapi sektor yang menjanjikan. Makanya di tempat kami di Trenggalek, sekarang mengembangkan Science Techno Park untuk essential oil,” ungkap Emil.

Selain itu, lanjut Emil, program Dream Team ini sekaligus untuk menjawab tantangan tingginya generasi Y di Jatim. Terutama dalam menghadapi era digital saat ini. Terutama bagi generasi milenial yang tinggal di daerah perdesaan.

“Jika hal tersebut tidak disikapi dengan baik, sebuah daerah kemungkinan besar tidak bisa berjalan dengan baik pula,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 dengan dukungan 6 partai politik. Yakni, partai Demokrat (13 kursi), partai Golkar (11 kursi), Partai Amanat Nasional (7 Kursi), PPP (5 kursi), partai NasDem (4 kursi), dan partai Hanura (2 kursi).

Dalam pencalonannya paslon nomor urut 1 itu, menawarkan beberapa program kerja jika terpilih kelak. Program-program tersebut dikemas dengan sebutan Nawa Bhakti Satya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Dream Team Jurus Baru Emil Kelola Kaum Milenial di Jatim