JawaPos Radar

Coba Commuter Line, Demiz Gagas LRT Bandung-Cirebon Raya

02/03/2018, 04:55 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Deddy Mizwar
Calon gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar saat mencoba Commuter Line (dok. Timses)
Share this image

JawaPos.com - Calon gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menggagas pembangunan LRT Bandung-Cirebon Raya, usai mencoba commuter line di Bekasi, Kamis (1/3).

Cagub yang diusung dua partai besar yakni Demokrat dan Golkar itu menilai, pembangunan moda transportasi seperti communter line perlu segera dibangun di kawasan Bandung Raya dan Cirebon Raya.

Pria yang maju di Pilgub Jabar bersama Dedi Mulyadi ini menyebut dengan pertumbuhan penduduk dan pembangunan dua daerah yang semakin pesat, maka transportasi berupa LRT akan memudahkan keduanya. "Transportasi massal sangat membantu kita," kata Demiz sapaan Deddy Mizwar di Bekasi, Kamis (1/3).

Dengan hadirnya LRT, kata dia, dari kota ke kota lain hanya mengeluarkan biaya yang cukup murah. Seperti Bekasi ke Depok hanya Rp 5.000 dan ke Bogor cuma Rp 6.000. "Luar biasa, Makanya, kita perlu LRT," sebutnya.

Pria yang terkenal dalam aktinya sebagai Jenderal Naga Bonar ini menyebutkan dua alasan perlunya LRT. Pertama, kawasan Bandung Raya memerlukan LRT, agar konektivitas Bandung dan sekitarnya dapat terjalin. Misalnya koneksi Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Perlu diingatkan, kata dia, pembangunan LRT membutuhkan koneksitas antara satu kota dengan kota lainnya. "Gak bisa hanya satu kota. Di Jakarta saja harus sampai Bogor, Depok, Tanggerang, makanya LRT dibangun sampai Bogor. Makanya, (LRT) Bandung gak bisa berdiri sendiri, omong kosong itu," ungkapnya.

Kedua Cirebon Raya, sangat membutuhkan LRT. Karena kawasan Cirebon Raya kini sudah berkembang pesat. Perkembangan tersebut dilihat dengan hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat.

"Saya kira di Bandung Raya, termasuk Cirebon Raya transportasi massal seperti itu yang perlu dibangun. Cirebon Raya harus dibuat rancangannya karena sebentar lagi berkembang setelah ada bandara internasional," pungkasnya.

Untuk diketahui, pasangan calon gubernur Jabar nomor urut empat tersebut mencoba Commuter Line dari Stasiun Bekasi hingga Pondok Kranji. Seperti biasanya di sela-sela mencoba Commuter Line, Demiz menyapa hingga melayani swafoto dengan para penumpang.

(ona/JPC)

Alur Cerita Berita

Cawagub Jabar Ahmad Syaikhu Berduka 02/03/2018, 04:55 WIB
Kang Emil: Kalau Terlena Kita Kalah 02/03/2018, 04:55 WIB
Demokrat Usung Dede Yusuf?  02/03/2018, 04:55 WIB
Nasdem Siap Menangkan Ridwan Kamil  02/03/2018, 04:55 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up