alexametrics

Ridwan Kamil-PDIP ‘Balikan Lagi’, Koalisi Makin Kuat

2 Januari 2018, 05:55:56 WIB

JawaPos.com – Calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tak menutup kemungkinan kembali ke ‘pelukan’ PDI Perjuangan.

Sebab, jika melihat konstelasi politik yang ada, baik Emil-sapaannya- maupun PDIP belum menentukan sikap.

Sementara sekarang, sudah ada dua pasangan calon yang resmi mendeklarasikan diri. Gerindra, PKS mengusung Mayjen (Purn) Sudrajat serta Ahmad Syaikhu, sementara Deddy Mizwar dan Deddy Mulyadi mendapat sokongan dari Golkar, PAN, serta Demokrat.

Adapun PPP, Nasdem, PKB mendukung Emil dan masih menunggu siapa kader yang bakal mendampinginya. Ketiganya ngotot menyodorkan figur dari internal partai.

Hal tersebut dikatakan Analis Kebijakan Pemerintahan Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Wawan Gunawan kepada Kantor Berita Politik RMOLJabar (Jawa Pos Grup), Senin (1/1).

“(PDIP) Tidak hanya menggemukan koalisi tetapi dukungan mesin partai dengan komando kader partai yang menjadi kepala daerah bisa diandalkan untuk mencapai kemenangan,” ungkap dia.

“Setidaknya terdapat 7 kepala daerah di Jabar yang dijabat kader PDI Perjuangan. Ditambah kekuatan figur Emil yang moncer di kelas menengah atas dan masyarakat perkotaan serta dukungan nahdliyin yang menjadi basis PPP dan PKB. Itu akan menjadi kekuatan yang menjanjikan untuk menang,” kata Wagoe—sapaan akrabnya.

Namun, kata Wagoen, persoalannya kemudian adalah siapa yang akan dimajukan sebagai pendamping Ridwan Kamil.

Dia menuturkan, siapa pun yang mendampingi Ridwan Kamil untuk maju dalam kontestasi haruslah hasil kesepakatan partai koalisi.

Kemudian, figur tersebut harus diterima di semua kalangan, baik internal partai pengusung maupun eksternal.

“Tentu tidak ada makan siang gratis dalam politik, sehingga siapa mendapat apa harus disepakati sejak awal. Terakhir, sedapat mungkin figur pendamping Emil tidak hanya signifikan secara elektabilitas tetapi juga dapat cukup resisten terhadap politik SARA yang bisa jadi akan kembali dimainkan,” ungkap Wagoen.

‘Kegaduhan’ partai pengusung Emil (Nasdem-PKB-PPP) dalam menentukan bakal cawagub tentu menjadi momentum PDI Perjuangan dalam mendorong kadernya untuk menjadi wakil.

“Namun demikian hendaknya partai pengusung tidak menonjolkan ego kepartaiannya, sebab jumlah kursi tidak menjamin kemenangan,” pungkas dia.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (mam/jpg/ce1/JPC)

Ridwan Kamil-PDIP 'Balikan Lagi', Koalisi Makin Kuat