alexametrics

Cakada Kampanye, Bawaslu Masih Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

1 Oktober 2020, 11:22:42 WIB

JawaPos.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah melakukan pemantauan di kampanye para calon kepala daerah selama tiga hari berturut turut, yakni 28,29 dan 30 September 2020.

Anggota Bawaslu, Mochammd Afiffuddin mengatakan, dalam tiga hari tersebut didapatkan informasi, terdapat 582 kegiatan kampanye di 187 kabupaten dan kota.

Dari 582 Bentuk Kampanye dapat di rinci sebagai berikut; Pertemuan terbatas/tatap muka sebanyak 250 kegiatan (43 persen), penyebaran bahan kampanye sebanyak 128 kegiatan (22 persen).

“Kemudian Pemasangan alat peraga sebanyak 99 kegiatan (17 persen), kampanye media sosial sebanyak 64 kegiatan (11 Persen) dan kampanye dalam jaringan sebanyak 41 kegiatan,” ujar Afiffuddin kepada wartawan, Kamis (1/10).

Baca juga: Bawaslu Temukan Berbagai Pelanggaran Protokol Kesehatan Saat Kampanye

‎Menurut Afif, ‎data dalam tiga hari terakhir menunjukkan, mayoritas pilihan pasangan calon dan tim kampanye masih menggunakan kampanye dalam bentuk pertemuan langsung yang membutuhkan protokol kesehatan.

“Pilihan kampanye ini juga berpotensi adanya penyebaran Covid-19,” katanya.

Afif menuturkan, ‎pelanggaran protokol kesehatan tersebut ditemukan di 35 kabupaten dan kota, di mana masih tim kampanye tidak memastikan protokol pencegahan Covid-19 selama kampanye berlangsung.

“Diantara daerah yang melanggar protokol pencegahan Covid-19 adalah Depok, Trenggale, Mojokerto, Ketapang, Bontang, Supiori, Bulukumba, Pasangkayu, Makassar dan Solok Selatan,” pungkasnya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads