alexametrics

Coblos Ulang di TPS 49, Antusiasme Warga Menurun

1 Juli 2018, 15:13:45 WIB

JawaPos.com – Proses pemungutan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) di TPS 49, Manukan Kulon, Kecamatan Tandes Surabaya kembali digelar. Pemungutan suara ulang itu dilakukan, menyusul insiden coblos ganda yang dilakukan dua pemilih. 

Proses pemungutan suara dimulai pukul 07.00 WIB. Semua warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 49 menggunakan hak pilihnya. Termasuk warga yang sudah menggunakan hak pilih pada 27 Juni lalu. 

Ketua KPPS TPS 49, Puji Herwanto mengatakan, pemungutan suara tak hanya terbuka bagi 381 warga yang sudah masuk dalam DPT. Warga yang termasuk dalam DPT B atau tanpa C6 (bermodalkan E-KTP saja) dapat menggunakan hak pilihnya. 

Coblos Ulang di TPS 49, Antusiasme Warga Menurun
Suasana di TPS 49 Manukan Kulon, Kecamatan Tandes Surabaya saat pencoblosan ulang (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

“Jumlah DPT-nya sama dengan pencoblosan 27 Juni lalu,” kata Puji ditemui wartawan di TPS 49, Manukan Kulon, Minggu (1/7). 

“Karena semua anggota KPPS hari ini berbeda dengan coblosan pada 27 Juni lalu,”

Meski demikian, dia mengakui adanya penurunan antusiasme atau jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya. Puji tidak dapat mengkonfirmasi berapa jumlah warga yang tidak datang ke TPS 49. 

Hanya saja, dia mencatat, hingga selesai waktu pencoblosan pada pukul 13.00 WIB, hanya 212 DPT yang menggunakan hak pilihnya. Jumlah itu tergolong sedikt ketimbang coblosan 27 Juni di TPS 49 yang mencapai 290 DPT. 

Ketua RT 6, Manukan Dono, Manukan Kulon, Tandes, Ahmad Zaini mengaku tidak tahu kenapa semakin sedikit warga yang mencoblos. Menurutnya, warga sebenarnya tidak keberatan jika harus menggunakan hak pilihnya lagi. 

“Ya, mau bagaimana lagi. Terpaksa warga nyoblos lagi karena sudah diundang. Warga juga tidak mempermasalahkan karena sudah tahu persoalannya dari media,” kata Ahmad.

Senada, salah seorang DPT B warga Manukan Krajan, Ekowati mengaku baru tahu berita tentang coblos ulang di TPS 49 pagi ini. Dia juga merasa tidak keberatan jika harus mencoblos lagi. 

“Tgl 27 juni kemarin saya nyoblos. Lalu, saya baca beritanya di koran kalau ada coblosan ulang. Jadi ya saya pakai E-KTP saja,” kata Ekowati.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Coblos Ulang di TPS 49, Antusiasme Warga Menurun