alexametrics

Putaran Kedua Pilkada DKI Jakarta Diwarnai Black Campaign

1 April 2017, 23:22:03 WIB

JawaPos.com – Aksi kampanye hitam (black campaign) mulai marak di Jakarta. Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta Mimah Susanti menyebutkan, pihaknya sudah menerima beberapa laporan terkait hal tersebut.

“(Black campaign) laporan tujuh, temuan black campaign ada di Jaksel dan baru ada info dari masyarakat di Jaktim,” ujar Mimah di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (1/4).

Untuk di Jakarta Selatan (Jaksel), kata Mimah, Bawaslu DKI sudah meminta kepada RT setempat agar menurunkan spanduk yang bersifat provokatif.

Berkenaan dengan itu, pihaknya telah memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi sebab, oknum RT sendiri yang menjadi dalang pemasangan spanduk.

Sedangkan yang di Jakarta Timur (Jaktim), sebutnya, Bawaslu DKI sedang menelusuri dugaan kampanye hitam melalui sebuah tayangan video.

Di dalam tayangan itu memerlihatkan selebaran-selebaran berisi konten negatif seputar pilkada. Namun, pihaknya masih melacak siapa yang menyebarkan selebaran tersebut.

Dipaparkan Mimah, untuk tujuh laporan black campaign itu termasuk politik uang, kampanye di tempat ibadah dan soal data pemilih. Kendati demikian, Bawaslu DKI masih menyelidiki laporan-laporan yang disebut sebagai kampanye hitam itu. “Soal black campaign masih butuh klarifikasi beberapa pihak,” pungkasnya. (uya/JPG)

Editor : Ilham Safutra



Close Ads
Putaran Kedua Pilkada DKI Jakarta Diwarnai Black Campaign