JawaPos Radar

Ziarah Noer Alie, Kang Emil: Negeri Ini Tegak Karena Perjuangan Kiai

01/03/2018, 05:07 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Ridwan Kamil
Calon gubernur Jawa Barat 2018 Ridwan Kamil ziarah ke makam KH. Noer Alie, Bekasi, Rabu (28/2). (Dok timses)
Share this image

JawaPos.com - Calon gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil melakukan ziarah ke makam KH. Noer Alie di Bekasi, Rabu (28/2).

Pasangan Uu Ruzhanul Ulum ini mengatakan KH Noer Ali merupakan wajah perjuangan kiai yg berhasil menggerakan perjuangan rakyat melawan penjajahan Belanda di wilayah Karawang, Bekasi. "Jadi negeri ini tegak karena kiai," ujarnya di Bekasi, Rabu (28/2).

Dengan penghormatan, kata pria yang kerap disapa Kang Emil ini, Perjuangan KH. Noer Ali sangat menginspirasi. "Perjuangan yang luar biasa akan membuahkan hasil berupa kemerdekaan negeri ini," ucap Kang Emil.

Sosok KH Noer Ali adalah pejuang sejati yang berjuang bersama para santri dan rakyat melawan penjajah Belanda di wilayah Karawang, Bekasi, hingga Cikampek.

Diantaranya menjadi Ketua Laskar Rakyat Bekasi dan Komandan Batalyon III Hisbullah Bekasi danKomandan Markas Pusat Hisbullah-Sabilillah (MPHS) Jakarta Raya di Karawang.

"Mengenai komandan Hisbullah, dalam pikiran saya, KH Noer Ali kemungkinan pernah bertemu dengan Kakek saya KH Muhyidin, karena sama-sama komandan Hisbullah, Sedangkan perjuangan kakek saya di wilayah Subang dan Purwakarta," sebutnya.

Apabila nantinya dinobatkan sebagai Gubernur Jawa Barat, ia menjanjikan membuatkan monuman nasional guna menghormati jasa KH Noer Ali dalam perjuangannya dulu melawan penjajah di Jawa Barat, utamanya selama agresi militer kedua.

"Monumen ini sebagai bentuk penghormatan generasi penerus dalam sebuah tempat yang baik. Melalui monumen itu semua orang akan tahu perjuangan KH. Noer Ali. Saya akan perjuangankan," pungkasnya.

(ona/JPC)

Alur Cerita Berita

Cawagub Jabar Ahmad Syaikhu Berduka 01/03/2018, 05:07 WIB
Kang Emil: Kalau Terlena Kita Kalah 01/03/2018, 05:07 WIB
Demokrat Usung Dede Yusuf?  01/03/2018, 05:07 WIB
Nasdem Siap Menangkan Ridwan Kamil  01/03/2018, 05:07 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up