alexametrics

Sambang Ke Magetan, Emil Paparkan ‘Selingkar Wilis’

1 Maret 2018, 23:53:51 WIB

JawaPos.com – Lawatan politik calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak berlanjut ke Kabupaten Magetan. Cawagub nomor urut 1 itu menggelar konsolidasi politik bersama sejumlah warga dan pengurus DPD Partai Golkar, Magetan, pada Kamis, (1/3).

Dalam kesempatan tersebut, Emil memperkenalkan konsep pengembangan wilayah Mataraman yang disebutnya sebagai kawasan Selingkar Wilis. Konsep tersebut akan mengembangkan pembangunan terpadu bagi daerah-daerah yang masuk dalam zona Mataraman. Mulai Kediri, Ponorogo, Nganjuk, Madiun, Magetan hingga Ngawi.

”Setiap daerah di Jawa Timur tidak bisa maju dengan bergerak sendiri-sendiri. Harus bisa maju bersama, berbagi peran untuk memajukan kawasan dengan konsep yang kita beri nama Selingkar Wilis,” ucap Doktor muda lulusan universitas ternama di Jepang itu.

Khusus untuk wilayah Magetan, lanjut Emil, masih banyak lokasi yang dibilai cukup berpotensi dikembangkan secara maksimal. Seperti pasar tradisional Plaosan yang bisa menjadi sentra perdagangan dengan produk yang lebih bersaing dan berkualitas.

“Disana, (Pasar Plaosan) saya dengar ada pasar sayur yang baik. Iniliah potensi-potensi yang saya lihat masih sangat bagus. Apalagi bila ini bisa masuk ke arah organik, tentunya bisa masuk ke pangsa premium,” terang Bupati Trenggalek non aktif itu.

Tidak hanya itu, potensi lain yang bisa dikembangkan adalah pertanian. Dimana, secara geografis Industri berbasis pertanian bisa diterapkan di kaki Gunung Lawu. Hal itu bisa menjadi daya dukung industri pariwisata di Magetan.

Menurutnya, potensi mengetan tidak hanya pada sektor wisata. Potensi lain yang dapat dikembangkan adalah, agro dan tekhnologi manufaktur yang turunannya bisa difungsikan untuk mendorong idustri farmasi untuk kebutuhan medis.

”Industri ekstrak besar bisa dikembangkan dengan potensi-potensi tekhnologi seperti nano tekhnologi itu bisa membuat ekstrak-ekstrak herbal yang memiliki presisi tinggi untuk mendukung industri farmasi masa depan yang sangat potensial,” pungkasnya.

Sebelumnya, Emil juga getol memperkenalkan kawasan pengembangan Pesisir Selatan Jawa Timur dengan konsep Pelabuhan Perintis Nusantara. Beberapa daerah terutama kawasan selatan seperti Trenggalek, Pacitan, Tulungagung, Blitar, Malang hingga Banyuwangi masuk dalam lanskap program unggulannya.

Emil juga dikenal sebagai motor utama dalam program printisan Poros Maritim Nasional bersama sejumlah kepala daerah di Yogjakarta, Jawa Tengah hingga Jawa Barat.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Sambang Ke Magetan, Emil Paparkan 'Selingkar Wilis'