alexametrics

Jatim Bakal Jadi Produsen Susu Sapi Terbesar di Indonesia

1 Maret 2018, 19:35:14 WIB

JawaPos.com — Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf berkomitmen menjadikan Jawa Timur sebagai pelaku utama produsen susu di Indonesia. Bahkan, jumlah sapi perah pun akan diperbanyak untuk mewujudkan langkah ini.

Hal ini diungkapkan mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu ketika menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Sae, Pujon, Kabupaten Malang, Kamis (1/3). Koperasi Sae sendiri merupakan salah satu produsen susu sapi terbesar di Jawa Timur dan memiliki ribuan peternak.

Laki-laki yang akrab disapa Gus Ipul itu juga mengapresiasi Koperasi Sae yang sukses mengembangkan susu di Indonesia. “Perkembangan koperasi ini semakin baik. Anggotanya semakin semangat. Saat ini, Jawa Timur menjadi salah satu basis nasional. Koperasi Sae merupakan salah satu penyumbang terbesar untuk Jawa Timur, bahkan Indonesia,” ujar Gus Ipul.

Susu sapi Jawa Timur, lanjut dia, memberikan kontribusi hingga lebih dari 50 persen untuk konsumsi nasional. Perharinya, Jawa Timur bisa memproduksi 1100 ton susu. Dia membeberkan, dari jumlah tersebut, koperasi Sae berhasil memproduksi 94 ton dari 9.000 peternak yang menjadi anggota.

“Koperasi ini sebenarnya bukan hanya bermanfaat untuk masyarakat Pujon atau Malang saja, namun juga Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

Gus Ipul juga mengungkapkan, koperasi Sae melalui para peternaknya masih bisa meningkatkan kapasitas produksi susu. Hal ini mengacu pada jumlah kepemilikan sapi di tiap peternak yan baru berkisar dua ekor perorang .

“Untuk kepemilikan memang baru dua untuk tiap peternak. Padahal, idealnya bisa lima hingga enam ekor,” ungkapnya.

Pemerintah mendatang, menurutnya, akan melakukan intervensi melalui program untuk merealisasikan hal tersebut. Misalnya dengan memberikan bantuan yang disalurkan melalui koperasi.

“Pemerintah bisa bekerjasama dengan koperasi. Peningkatan ini akan sekaligus membantu income para peternak,” ujar kandidat yang berpasangan denga Calon Wakil Gubernur Jatim, Puti Guntur Soekarno ini.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (fis/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Jatim Bakal Jadi Produsen Susu Sapi Terbesar di Indonesia