alexametrics

Puti Siap Wujudkan Sekolah Gratis di Jatim

1 Februari 2018, 18:50:07 WIB

JawaPos.com – Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jawa Timur (Jatim) Puti Guntur Soekarno berkomitmen untuk memberikan pendidikan gratis. Dia memaparkan hal tersebut saat mengikuti sekolah partai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Wisma Kinasih, Depok. Kegiatan berlangsung mulai pekan lalu hingga Jumat (2/2) besok.

Selain membahas pendidikan, Puti juga memaparkan program-program unggulannya. Dia berdiskusi intens dengan para calon kepala daerah lain soal isu-isu pemerintahan bersama. “Kami membahas ide-ide kreatif dalam memajukan daerah. Setelah ini kami semua kembali turun ke daerah masing-masing,” terang Puti, Kamis (1/2).

Beberapa isu pemerintahan yang dibahas meliputi pengembangan ekonomi kreatif, pariwisata, kesehatan hingga pendidikan. “Termasuk pembangunan infrastruktur. Reformasi birokrasi untuk memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Serta komitmen anti-korupsi,” lanjut perempuan asal Jakarta tersebut.

Dalam bidang pendidikan, Puti menyebutkan bahwa PDIP telah berkomitmen membebaskan biaya. Hal itu tertuang dalam Dasa Prasetya butir ke-5 yang menjadi platform pemerintahan PDIP.

Alumnus Universitas Indonesia itu yakin bila APBD Jatim 2018 mampu mewujudkan misi itu. Dengan total anggaran Rp 29,024 triliun, Puti optimistis pendidikan gratis di Jatim bukan cuma mimpi. “Gus Ipul dan saya telah merancang pendidikan gratis di Jatim. Ini tertuang dalam visi misi kami,” tegas Puti.

Sejak 2017, kewenangan SMA/SMK di kabupaten/kota beralih pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Menyusul peralihan itu, Dinas Pendidikan Jatim menerapkan kebijakan pendidikan berbayar untuk para siswa SMA/SMK Negeri.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Puti Siap Wujudkan Sekolah Gratis di Jatim