JawaPos Radar

Logistik untuk Korban Gempa Lombok dari Minimarket Sodaqo Milik Zohri

30/07/2018, 16:44 WIB | Editor: Ilham Safutra
Logistik untuk Korban Gempa Lombok dari Minimarket Sodaqo Milik Zohri
Minimarket Sodaqo milik Lalu Muhammad Zohri membantu korban gempa di Lombok. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Hingga Senin (30/7) korban dan masyarakat terdampak dari gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), masih berharap mendapatkan bantuan logistik. Pasalnya, pascagempa 6,4 SR itu relatif jalur pengiriman logistik terputus. Masyarakat tidak bisa mengakses pasar. Mereka masih dibayang-bayangi ketakutan pasca gempa.

Untuk membantu kebutuhan tersebut, Tim Emergency Response ACT bergerak ke Dusun Dasan Gerisak, Desa Anyar, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB. "Kondisi terkini dari lokasi di Bayan, sebagian besar rumah warga mengalami kerusakan. Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) - ACT Lombok Utara malam ini akan standby di Bayan. Menyiapkan kebutuhan darurat para pengungsi,” ujar Koordinator Emergency Response ACT Kusmayadi kepada JawaPos.com, Senin (30/7).

Kepala ACT Cabang NTB Lalu Muhammad Alfian menambahkan, untuk menyiapkan kebutuhan logistik itu pihaknya berkolaborasi dengan Sodaqo dari PT Hydro Perdana Retailindo yang menaungi Minimarket Sodaqo milik Zohri. Sebagai perusahaan wakaf, PT Hydro menerapkan konsep hasil wakaf produktif pun bisa untuk merespons kebencanaan, terlebih di fase emergency.

Logistik untuk Korban Gempa Lombok dari Minimarket Sodaqo Milik Zohri
Minimarket Sodaqo milik Lalu Muhammad Zohri membantu korban gempa di Lombok. (Istimewa)

"ACT dan Minimarket Sodaqo akan membangun tenda darurat untuk istirahat pengungsi di Dusun Dasan Gerisak, Desa Anyar, Kecamatan Bayan. Sementara dapur umum dan kebutuhan logistik akan disuplai distribution center Sodaqo yang dimiliki oleh PT Hydro,” jelas Alfian.

Di kesempatan yang samma, CEO PT Hydro Perdana Retailindo Syahru Aryansyah menjelaskan, Sodaqo bersama Tim ACT bergerak bersama di Dusun Dasan Gerisak, salah satu wilayah terdampak gempa cukup parah di Lombok Utara.

“Sodaqo Minggu (29/7) malam mendistribusikan paket makanan dan minuman sebagai pertolongan pertama bagi korban gempa. Bantuan itu meliputi air mineral, obat-obatan, biskuit, beras, kopi, popok bayi, susu, minyak goreng, gula dan kebutuhan lainnya,” papar Syahru Aryansyah.

Hingga minggu (29/7) malam, saluran listrik dan air bersih juga dikabarkan masih terputus. Kebutuhan pangan pun belum sepenuhnya terpenuhi di Dusun Dasan Gerisak.

"Malam ini dari distribution center Sodaqo akan mengirimkan makanan dan air untuk warga Gerisak. Bantuan sudah diterima langsung oleh perangkat Desa Anyar, untuk didistribusikan ke 10 titik pengungsian” ujar Alfian.

Untuk diketahui, PT Hydro sebagai perusahaan wakaf menggunakan konsep sociopreneur dalam mengembangkan bisnis minimarket Islami bernama Sodaqo.

"Selain bisnis, Minimarket Sodaqo juga memperhatikan unsur sosial. Dengan artian, setiap transaksi di Sodaqo ada nilai sedekah yang dapat dirasakan masyarakat luas, termasuk bantuan langsung tanggap bencana gempa di Lombok Utara ini. Insya Allah,” pungkas Syahru Aryansyah.


Seperti diketahui, dua pekan lalu PT Hydro yang menaungi Minimarket Sodaqo bersama ACT memberikan bantuan hibah sebuah minimarket bernama Zohri Mart senilai Rp 300 juta, kepada sang pelari dunia, Lalu Muhammad Zohri.

Minimarket Sodaqo milik Zohri itu rencananya akan di-launching pekan ini bersama Minimarket Sodaqo lainnya di lima pesantren yang berada di NTB.

Seiring perjalanan waktu, Lombok ditimpa gempa. Tak ayal launching itu dipercepat sepekan dari yang direncanakan.

(iml/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up