alexametrics

Dari Sebelum Terbang, AoA JT-610 Dipastikan Sudah Alami Gangguan

28 November 2018, 14:52:53 WIB

JawaPos.com – Sejumlah kerusakan berhasil diungkap dari laporan awal jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 dengan nomor penerbangan PK-LQP. Salah satu aspek yang mengalami kerusakan yaitu pengukur sudut antara sayap pesawat dengan aliran udara yang melewati sayap atau Angel of Attack (AoA).

Ketua Subkomite Penerbangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Nurcahyo Utomo mengatakan, dari hasil investigasi awal Flight Data Recorder (FDR), ditemukan fakta bahwa AoA telah mengalami gangguan sejak pertama kali mesin pesawat dinyalakan atau dari dimulainya FDR melakukan perekaman data.

Kerusakan ini ditandai dari perbedaan AoA kiri dan kanan. AoA sebelah kiri lebih tinggi 20 derajat dari AoA sebelah kanan. Kerusakan ini berlanjut hingga pesawat tersebut jatuh.

“AoA ini berbeda dari FDR pertama kali merekam, artinya dari listrik masuk pesawat sudah tercatat perbedaan (antara AoA kanan dan kiri, Red),” ujar Nurcahyo di aula KNKT Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (28/11).

Nurcahyo menuturkan, ketika pesawat dalam keadaan diam, AoA memang kerap kali tidak bekerja efektif, karena aliran udara yang terbaca tidak konsisten. Namun, setelah burung besi bergerak AoA akan bekerja maksimal.

“Masalah lagi karena AoA mengukur sudut, dia akan menjadi efektif setelah pesawat bergerak. Kalau belum bergerak kena angin dari samping yang satu bisa naik, yang satu lagi karena ketutup badan pesawat jadi diam, bisa saja terjadi,” jelasnya.

Masalah tak berhenti di situ. Tak ada AoA indicator di ruang kemudi atau cockpit pesawat Boeing jenis 737 max 8 itu. Sehingga akan menyulitkan pilot untuk mengetahui kerusakan pada AoA tersebut.

“Masalahnya di cockpit tidak ada indikator awal jadi pilot tidak tahu,” ucap Nurcahyo.

Sementara itu terkait kondisi mesin dipastikan normal. Semuanya bergerak paralel dan konstan, tidak menunjukkan gangguan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Dari Sebelum Terbang, AoA JT-610 Dipastikan Sudah Alami Gangguan