JawaPos Radar

Ogah Kecolongan, Menpan Jelaskan Rekrutmen CPNS Zaman Now

27/12/2017, 22:53 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Asman Abnur
Menpan RB Asman Abnur (jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) membuka kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebanyak 37 ribu orang. Dari jumlah itu, 3.700 orang di antaranya merupakan sarjana yang lulus dengan nilai cumlaude.

"Jadi 37 ribu itu, saya syaratkan sepuluh persennya adalah anak-anak yang berasal dari lulusan cumlaude. Jadi lebih kurang 3.700 orang anak-anak yang berasal dari lulusan cumlaude," kata Menpan RB Asman Abnur usai menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI 2017-2022 di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (27/12).

Menteri Asman menyebutkan, kuota CPNS dari lulusan nilai cumlaude itu untuk meningkatkan kinerja lembaga atau kementerian. Nantinya, para lulusan cumlaude yang diterima akan disebar di 40 lembaga atau kementerian.

"Jadi setelah dipilih dari 37 ribu orang itu, tentu kami yakin akan mendapat pegawai-pegawai pilihan," jelasnya.

Di samping itu, Asman menegaskan, rekrutmen PNS tidak boleh menggunakan sistem terdahulu. Menurutnya, pada masa lampau, banyak PNS yang masuk tanpa melewati rektutmen sehingga hal itu memengaruhi kinerja suatu lembaga.

"Dulu ada PNS yang diterima tanpa tes. Nah, untuk itu saya ingin menyampaikan pada kesempatan ini bahwa sistem rekrutmen harus kami perbaiki," tandas Asman.

(dms/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up