JawaPos Radar

Kabar Gembira, 3 Profesi Ini jadi Prioritas dalam Seleksi CPNS 2018

27/03/2018, 20:15 WIB | Editor: Estu Suryowati
CPNS
Ribuan CPNS hasil seleksi 2017 mengikuti pembekalan dari Presiden RI Joko Widodo, di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (27/3). (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Demi terus menggerakan motor negara agar semakin maju, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) akan kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018.

Menteri PAN RB Asman Abnur mengatakan, dari sekian banyak lowongan yang dibuka untuk kementerian dan lembaga, akan ada beberapa posisi yang dijadikan prioritas, seperti guru dan tenaga kesehatan.

“Nah, untuk prioritas (yaitu) guru, tenaga pendidikan dan kesehatan. Itu prioritas,” ungkap Asman di Istora Senayan Jakarta, Selasa (27/3).

Meski demikian, Asman belum dapat memastikan terkait 3 profesi tersebut akan dimasukan ke dalam formasi utama CPNS atau tidak. Hal itu terlebih dahulu akan dirundingkan bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Nah, nanti kami hitung. Kalau guru memang prioritas. Kami masukkan atau enggak (ke formasi utama), nanti saya runding dulu dengan Menteri Dikbud,” lanjut Asman.

Lebih lanjut, Asman mengatakan, tidak tertutup kemungkinan tiga profesi tersebut akan dibukakan formasi sendiri di luar formasi CPNS lain. Hal itu dapat dilakukan bila pada tahap perumusannya memang memenuhi syarat untuk dibuatkan formasi khusus.

“Ada kemungkinan guru dan tenaga kesehatan ada formasi sendiri,” pungkas Asman.

Sebagai tambahan, pada tahun ini akan ada 220.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) memasuki masa pensiun. Namun, perekrutan CPNS 2018 tidak akan melebihi jumlah yang mengakhiri masa baktinya.

Dalam perekrutan CPNS tahun ini juga akan disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat beban kerja di masing-masing Kementerian/Lembaga maupun daerah.

 Kementerian PAN RB juga akan memperbanyak tenaga spesialis sesuai bidang, ketimbang tenaga administrasi. Hal ini dilakukan agar kinerja pemerintah semakin baik dan negara cepat berkembang.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up