Cuti Bersama Idul Fitri Belum Pasti, Jangan Pesan Tiket Mudik Dulu

27/03/2018, 17:38 WIB | Editor: Ilham Safutra
Pemudik pada hari raya Idul Fitri 2017 lalu saat menumpang bus di Terminal Kalideres. (Ismail Pohan/Indopos)
Share this image

JawaPos.com - Meski Muhammadiyah telah menetapkan 1 Idul Fitri 1439 H pada 15 Juni 2018, namun pemerintah belum bisa menetapkan cuti bersama lebaran. Kementerian PAN-RB masih menunggu hasil koordinasi dengan kementerian terkait.

Biasanya libur dimanfaatkan pegawai negeri sipil (PNS) atau pegawai swasta untuk mudik ke kampung halaman. Karena belum ada kepastian hari libur itu, KemenPAN-RB belum menyarankan jadwal bagi PNS untuk memesan tiket pulang kampung.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan, pihaknya akan mengumumkan waktu cuti bersama dalam waktu dekat. "Pokoknya segera, akhir bulan ini lah paling lama kita umumkan," ungkap Asman di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (27/3).

Menteri PANRB Asman Abnur (Charlie/Indopos/Jawa Pos Group)

Diterangkannya, dalam menetapkan libur bersama ini pihaknya tidak dapat bekerja sendiri, tapi berkoordinasi dengan beberapa lembaga terkait, seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Agama, dan Kemenko PMK.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk tetap bersabar dan tidak terburu-buru memesan tiket mudik lebaran. "Sebentar lagi kita umumkan, jadi itu SK (surat keputusan) 3 menteri kalau hari libur itu," lanjut Asman.

Lebih lanjut mantan Wali Kota Batam itu mengatakan, lembaganya sedang melakukan komunikasi intensif dengan sejumlah pihak, seperti Kemenhub. Ada beberapa aspek yang akan menjadi pertimbangan dalam penetapan hari libur ini semisal kondisi lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan di berbagai titik.

"Karena akan berpengaruh ke lalu lintas kan, Pak Menteri Perhubungan juga sudah berkoordinasi dengan kita (KemenPAN-RB) agar tidak jadi penumpukan (volume kendaraan) pada saat-saat tertentu," pungkas Asman.

Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB Herman Suryatman menambahkan, dengan belum adanya kepastian cuti bersama lebaran pihaknya belum bisa memberikan imbauan, termasuk kapan sebaiknya memesan tiket mudik. "Nanti saya koordinasi dulu agar imbauannya (mudik, Red) juga maksimal," tandasnya.

Diketahui sebelumnya PP Muhammadiyah dalam hasil hisabnya menetapkan Hari Idul Fitri atau 1 Syawal 1439 H pada 15 Juni 2018. Sebelum lebaran itu umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa Ramadan yang dimulai dari 17 Mei 2018.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi