alexametrics

Ada Kesalahan Hitung, BNPB Rilis Total Korban Tewas Gempa Sulteng

26 Oktober 2018, 18:43:45 WIB

JawaPos.com – Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) tercatat sebanyak 2.081 jiwa. Data tersebut berkurang dari jumlah yang sebelumnya dipublikasikan ke publik.

“Sampai dengan hari ini tercatat jumlah korban meninggal 2.081 orang, bukan 2.258 jiwa sebagaimana dilaporkan sebelumnya,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jumat (26/10).

Sutopo menjelaskan, data yang berkurang itu lantaran adanya kesalahan hitung dari Pemerintah Kabupaten Sigi. Sehingga mempengaruhi jumlah korban secara keseluruhan.

“Laporan dari Kabupaten Sigi, yang awalnya selalu melaporkan (korban meninggal) 223 jiwa. Kemudian seminggu yang lalu laporan korban meninggal 188 jiwa berdasarkan identitas, by name by address,” tutur dia.

Sutopo merincikan, jumlah korban terbanyak ada di Palu, yakni mencapai 1.706 orang. Kemudian, sebanyak 171 orang ditemukan di Donggala, 15 orang di Parigi Moutong, dan 1 orang di Pasangkayu, Sulawesi Barat 1 orang.

“Paling banyak korban meninggal di Kota Palu, karena terjangan tsunami. Tinggi tsunami di Teluk Palu itu ketinggiannya 2,3 meter sampai dengan 11,3 meter. Kajian penyebab tsunami sampai saat ini msh terus dilakukan,” jelasnya.

Seluruh korban tewas tersebut sudah dimakamkan. Sementara itu, korban luka tercatat 12.568 orang, di mana 4.438 korban mengalami luka berat dan 8.130 korban luka ringan.

Sedangkan, pengungsi dilaporkan ada 214.925 orang, di Sulawesi Tengah tersebar di 122 titik pengungsian, sebanyak 206.194 orang. Kemudian, di luar Sulawesi Tengah tercatat 8.731 orang yang dikabarkan sudah ingin kembali ke Palu.

“Kita mendapat informasi banyak masyarakat yang tadinya minta dievakuasi, saat ini ingin kembali ke Palu. Termasuk yang di Jakarta sudah minta TNI agar mengangkut melalui pesawat herkules, mengangkut masyarakat kembali ke Palu,” pungkas Sutopo.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (yes/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ada Kesalahan Hitung, BNPB Rilis Total Korban Tewas Gempa Sulteng