alexametrics

Operasi Mata Novel “Panglima Antikorupsi” Memasuki Tahap Akhir

26 Maret 2018, 09:35:34 WIB

JawaPos.com – Setelah melewati operasi besar tahap dua di Singapura, Jumat (23/3), penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kini menjalani masa pemulihan mata kiri. Pemulihan itu menjadi tahap akhir dari proses operasi terhadap matanya pascateror penyiraman air keras oleh orang tak dikenal pada 2017 lalu.

Ke depan, panglima antikorupsi menjalani masa recovery pascaoperasi untuk beberapa hari ke depan. Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, operasi yang berlangsung selama empat jam tersebut berjalan baik.

Beberapa saat setelah operasi, sebenarnya sempat ada sedikit pendarahan di dalam mata kiri penyidik andalan KPK itu. Namun, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh secara serius. “Hanya pandangan mata yang sedikit kurang baik (akibat pendarahan, Red),” ujarnya kemarin (25/3).

Operasi Mata Novel “Panglima Antikorupsi” Memasuki Tahap Akhir
Penyidik senior KPK Novel Baswedan bersama istri saat di Jakarta seusai menjalani operasi mata di Singapura. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Pascaoperasi, pengecekan mata kiri Novel pun selalu dilakukan tim dokter. Selama dua hari lalu tim medis rumah sakit memantau perkembangan mata kiri. Hasilnya, dokter menyatakan bahwa kondisi mata kiri Novel terus membaik. Bahkan, Novel sudah mulai bisa melihat bayangan. “Novel membutuhkan istirahat beberapa hari di rumah sakit untuk pemulihan,” ucapnya.

Hanya saja hingga kemarin pihak dokter belum bisa memastikan kepastian waktu Novel bisa pulih secara total dan kembali ke tanah air. Perkembangan mata masih terus dipantau untuk bisa mengetahui berakhirnya masa pemulihan. Meski demikian, sebelumnya dokter telah memberikan sinyal bahwa mata Novel bakal bisa melihat lagi.

Di sisi lain, terkait dengan penanganan perkara, Komnas HAM hingga kemarin belum meng-update perkembangan kerja tim pemantau kasus penyiraman air keras terhadap Novel. Terakhir, Komnas HAM telah berkoordinasi dengan pimpinan KPK terkait dengan pembentukan tim pemantau tersebut. Mereka juga sudah memeriksa Novel. 

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (tyo/c9/agm)

Operasi Mata Novel "Panglima Antikorupsi" Memasuki Tahap Akhir