JawaPos Radar

Mendikbud: CPNS Harus Siap Menuju Birokrasi Kelas Dunia di 2024

26/03/2018, 16:53 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Mendikbud: CPNS Harus Siap Menuju Birokrasi Kelas Dunia di 2024
Mendikbud Muhadjir Effendi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan pembekalan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemendikbud, Senin (26/3). Setidaknya, ada 298 putra dan putri terbaik bangsa yang siap mengabdikan diri sebagai Aparatur Sipil Negera di kementerian tersebut.

"Dengan terpilihnya putra dan putri terbaik bangsa sebagai CPNS harus siap memberikan pelayanan pendidikan dan kebudayaan yang terbaik, dan juga siap menuju birokrasi berkelas dunia tahun 2024," kata Muhadjir di Jakarta.

Diketahui, penerimaan CPNS didasari pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi RI (Menpan-RB) Nomor 47 Tahun 2017, tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kemendikbud. Proses pendaftaran telah dilaksanakan pada 11 hingga 26 September 2017 lalu.

Mendikbud: CPNS Harus Siap Menuju Birokrasi Kelas Dunia di 2024
para PNS (Dok. Jawapos.com)

Menurut Muhadjir, terdapat tiga seleksi yang telah dilalui oleh para CPNS. Seleksi pertama adalah seleksi administrasi yang tujuannya untuk menyeleksi kesesuaian berkas-berkas yang disampaikan calon pelamar dengan syarat administrasi yang ditentukan.

"Jumlah pelamar yang mengirimkan berkas administrasi dan diverifikasi kelengkapan administrasinya sebanyak 96.613 orang. Dari jumlah tersebut yang memenuhi persyaratan sebanyak 59.784 orang, dan berhak mengikut Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)," jelasnya.

Dari 59.784 peserta yang mengikuti SKD, jumlah peserta yang hadir adalah 49.204 orang. Peserta yang dinyatakan lulus pada nilai ambang batas berjumlah 8.762 orang. Seleksi selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Total peserta SKB adalah 863 orang.

Turut hadir dalam penyambutan dan pemberian pombekalan kepada 298 CPNS, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dan Kepala BKN Bima Wibisana.

(put/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up