JawaPos Radar

Kemensos Akui Ada Kendala Penyaluran Logistik Gempa Lombok

25/08/2018, 16:15 WIB | Editor: Estu Suryowati
Kemensos Akui Ada Kendala Penyaluran Logistik Gempa Lombok
Direktur Jenderal (Dirjen) Peerlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos), Harry Hikmat di Jakarta, Sabtu (25/8). (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dampak dari gempa bumi yang melanda wilayah Lombok dan sekitar membuat daerah tersebut sedikit terisolasi. Sempat matinya beberapa sinyal seluler dan rusaknya beberapa insfrastruktur menjadi penghambat dalam penyaluran bantuan logistik.

Direktur Jenderal (Dirjen) Peerlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos), Harry Hikmat tidak memungkiri sempat terjadi kendala penyaluran bantuan. Terbanyak terjadi di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau.

"Daerah-daerah sulit memang terjadi (kendala), tidak bisa terelakkan. Makanya kehadiran TNI sangat penting karena mereka punya Babinsa. Dan, mereka bekerja ke pelosok-pelosok bersama yang lain menyusur daerah-daerah yang sulit dijangkau," ujar Harry di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/8).

Menurutnya, adanya peran dari TNI disebut sangat membantu kendala tersebut. Sebab dengan adanya bantuan tersebut, daerah-daerah terpencil bisa dijangkau.

Meski demikian situasi ini masih terus menjadi pembahasan oleh tim penanggulangan bencana gempa bumi Lombok. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan penyaluran bantuan.

"Ya inilah yang dikonsolidasikan tiap hari di posko utama, itu yang harus kami benahi. Sehingga jangan sampai ada daerah yang bantuannya menumpuk, daerah lain minim. Ini harus dihindari," jelas Harry.

Di sisi lain selain aspek penyaluran bantuan, segi penyebaran informasi juga dianggap sangat penting di masa sekarang. Dengan demikian akan mudah melacak kinerja setiap lembaga untuk penanggulangan bencana ini.

(sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up