JawaPos Radar

Pantau Kondisi Jamaah Haji, Tim Kesehatan Siap Siaga di Bandara

25/07/2018, 17:00 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Pantau Kondisi Jamaah Haji, Tim Kesehatan Siap Siaga di Bandara
Tim medis Kementerian Kesehatan memberi penanganan medis kepada jamaah haji. (Kemenkes)
Share this

JawaPos.com - Sampai dengan saat ini sudah hampir lebih dari 50 ribu jamaah haji Indonesia tiba di Bandara Amaa, Madinah. Ada 4 terminal yang dilalui para jemaah ini, yaitu Terminal Fast Track,Terminal Internasional, Terminal Zero, dan Terminal Haji. Melihat panjangnya perjalanan peserta haji, tim kesehatan yang bertugas bersiaga di bandara langsung membagikan alat pelindung diri (APD).

Mereka terdiri dari Tim Mobile dan Tim Promotif Preventif (TPP). Tim ini menyambut jemaah di pintu-pintu kedatangan tersebut untuk menemukan kasus kesehatan. Selain itu, perhatian secara personal pun berusaha diberikan agar jamaah haji tidak kelelahan.

"Silakan keluarkan botol semprotan yang sudah dibagikan di embarkasi, isi dengan air dan gunakan masker. Minum air sesering mungkin dan jangan menunggu haus ya, Bapak Ibu," kata Penanggung Jawab TPP di Bandara, dr. Leni kepada jamaah dalam keterangan tertulis, Rabu (25/7).

Leni juga mengingatkan jamaah yang membutuhkan air minum agar jangan segan untuk bertanya di mana bisa mendapatkannya. Rata-rata kebiasaan jamaah di bandara adalah mencari toilet. Leni berpesan agar jemaah selalu berhati-hati saat berada di toilet.

"Perhatikan mana toilet wanita dan toilet pria. Minta bantuan jamaah lain atau petugas untuk mengantar dan mengajarkan bagaimana cara menggunakan toilet," tambahnya.

Sejumlah jamaah yang ditemui Leni, tidak dapat membaca, sehingga kesulitan mencari toilet. Jamaah juga diimbau agar jangan sampai terasar.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up